Rajani, Amanda Permata Imamat (2019) Analisis Pengaruh Brand Image, Price, Trust dan Value pada Purchase Intentions Pelanggan Online Hotel Booking dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi Kasus : Pulau Lombok). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211540000134-Undergraduate_theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Pulau Lombok telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok terus meningkat. Oleh karena itu, industri pariwisata khususnya industri perhotelan menjadi sangat berkembang di Lombok. Pembangunan hotel-hotel marak terjadi di Lombok. Internet menjadi salah satu penunjang utama dalam industry perhotelan dari segi pemasaran. Pihak hotel bekerjasama dengan platform pemesanan hotel secara daring. Permasalahan: Permasalahan yang muncul adalah bagaimana pihak hotel dapat meningkatkan intensi online booking pelanggannya. Untuk itu, perlu diketahui faktor apa saja yang memengaruhi secara positif intensi pembelian pelanggan hotel.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan brand image, price, trust, dan value terhadap intensi online booking pelanggan yang akan berwisata ke Pulau Lombok dan memberikan rekomendasi apa yang harus ditingkatkan atau diperbaiki pihak manajemen hotel di Pulau Lombok agar system online hotel booking mereka dapat menjadi lebih efektif.
Metode: Metode Structural Equation Modeling digunakan untuk menganalisis data dan model penelitian dengan memanfaatkan perangkat lunak AMOS. Structural Equation Modeling (SEM) merupakan metodologi statistic yang menggunakan pendekatan konfirmasi atau pengujian hipotesis untuk menganalisis teori structural mengenai fenomena tertentu. Model penelitian mengacu pada penelitian Lien et al. dimana brand image sebagai variabel independen dan nilai, price, kepercayaan, serta intensi pembelian sebagai variabel dependen. Semua variabel saling memengaruhi secara positif. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode survei online dengan jumlah responden 200 orang.
Hasil: Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah purchase intentions dipengaruhi secara langsung, signifikan dan positif oleh variabel laten price dan value dengan nilai koefisien yaitu 0,538 dan 0,843. Variabel brand image dan trust juga memengaruhi purchase intentions secara positif dan signifikan namun melalui variable value dengan nilai koefisien sebesar 0,553 dan 0,266.
Manfaat: Hasil penelitian ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan untuk pengembangan akademik di bidang pariwisata atau perhotelan dan online booking platform Penelitian ini juga dapat menjadi bahan acuan dan referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnya.
=================================================================================================================================
Background: Lombok Island is one of the favorite tourist destinations in Indonesia. The number of tourists visiting Lombok continues to increase. Therefore, the hospitality industry has become very developed in Lombok. The construction of hotels is rampant in Lombok. The internet has become one of the main supports in the hospitality industry in terms of marketing. Hotels make a partnership hotel booking platforms.
Problems: The problem that arises is how the hotel can increase the customer's online booking intention. For this reason, this research want to what factors influence the positive intention of purchasing hotel customers.
Objective: This study aims to analyze the effect of brand image, price, trust, and value on online booking intentions of customers who will travel to Lombok Island and provide recommendations on what hotel management should improve or improve on Lombok Island so that the online hotel booking system they can be more effective.
Method: The Structural Equation Modeling method is used to analyze data and research models using AMOS software. Structural Equation Modeling (SEM) is a statistic used to ascertain or test hypotheses to analyze structural theories about certain phenomena. Model used in this research is reffering to model in the study of Lien et al. Where brand image as an independent variable and value, price, trust, and purchase intention as the dependent variables. The process of data collection was carried out by an online survey method with 200 respondents.
Results: The results achieved in this study are purchase intentions directly, significantly and positively by price and values with estimated coefficient values 0,538 and 0,843. Brand image and trust also influence purchase intention positively and significantly mediating through values with coefficients of 0,553 and 0,266
Benefits: The results of this study can provide knowledge and insight for academic development in the field of hospitality and online ordering platforms. This research can also be a reference in the further research.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 658.8 Raj a-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Brand Image, Price, Trust, Value, Purchase Intentions, Online Hotel Booking, Structural Equation Modeling |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Amanda Permata Imamat Rajani |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 10:40 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 10:40 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/64686 |
Actions (login required)
View Item |