Rancang Bangun Computation Offloading Framework dengan Metode Fuzzy-MCDM Menggunakan Pembobotan Dinamis untuk Peningkatan Kinerja serta Penghematan Daya pada Proses Komputasi di Raspberry Pi

Wiranata, Arya (2019) Rancang Bangun Computation Offloading Framework dengan Metode Fuzzy-MCDM Menggunakan Pembobotan Dinamis untuk Peningkatan Kinerja serta Penghematan Daya pada Proses Komputasi di Raspberry Pi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111540000163-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111540000163-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Offloading adalah suatu metode pengeksekusian sebuah beban kerja pada sebuah perangkat dengan mengirimkan modul berisi beban kerja tersebut kepada perangkat lain yang memiliki sumber daya dan kemampuan komputasi yang lebih baik. Hasil eksekusi dari beban kerja akan diterima kembali oleh perangkat yang telah mengirim modul beban kerja sebelumnya. Teknik ini dianggap sebagai salah satu cara mengatasi keterbatasan perangkat bergerak yang memiliki sumber daya dan kemampuan komputasi yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan adanya penerapan metode offloading dalam mengeksekusi beban kerja pada perangkat bergerak dengan tujuan dapat melakukan peningkatan kinerja pada perangkat. Penentuan beban kerja diproses secara lokal atau offloading ditentukan oleh sebuah decision maker dengan menggunakan pembobotan dinamis. Pada tugas akhir ini decision maker menggunakan metode Fuzzy Multi-Criteria Decision Making dengan pembobotan dinamis. Pada tugas akhir ini, pemanfaatan computation offloading diharapkan dapat meningkatkan kinerja proses komputasi sehingga meminimalisir waktu eksekusi beban kerja serta penghematan daya. Dari uji coba yang telah dilakukan, metode computation offloading dengan Fuzzy Multi-Criteria Decision Making dengan pembobotan dinamis mendapatkan waktu eksekusi beban kerja yang lebih cepat dibandingkan dengan metode lokal dan offloading saja.
=================================================================================================================================
Offloading is a method of executing a workload on a device by sending a module containing workload to another device that has better resources and computing capabilities. This technique is considered as one of the ways to overcome the limitations of devices that have limited resources and computing capabilities. Therefore, this offloading method to executing the workload on a device with the purpose of improving performance on devices. The decision of task to be done in local or offloading mode is calculated by the decision maker. In this undergraduate thesis, the decision maker using Fuzzy Multi-Criteria Decision Making method with dynamic weighting. In this undergraduate thesis, the hope to improve the computation process to reduce execution time and increase power saving. From the experiment, the computation offloading method with Fuzzy Multi-Criteria Decision Making with dynamic weighting got the execution time of task less than the only local method and offloading method.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSIf 005.25 Wir r-1 2019
Uncontrolled Keywords: Offloading, image processing, Perangkat IoT, beban kerja, pembobotan dinamis.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA158.7 Computer network resources
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arya Wiranata
Date Deposited: 07 May 2024 01:23
Last Modified: 07 May 2024 01:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64934

Actions (login required)

View Item View Item