Alternatif Perencanaan Perbaikan dan Perkuatan Timbunan pada Proyek Tol Gempol-Pasuruan STA 22+500 s.d. STA 23+500

Dhika, Muhammad Krisna Wira (2019) Alternatif Perencanaan Perbaikan dan Perkuatan Timbunan pada Proyek Tol Gempol-Pasuruan STA 22+500 s.d. STA 23+500. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000031-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000031-Undergraduate_Theses.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah kemacetan di Indonesia. Salah satu jalan tol di Indonesia yang masih dalam tahap pembangunan adalah jalan tol ruas Gempol-Pasuruan. Adanya pembangunan jalan tol Gempol-Pasuruan termasuk salah satu solusi untuk megatasi kemacetan di Jawa Timur khususnya daerah Gempol dan Pasuruan sebagai jalur untuk menuju ke bagian timur Jawa. Jalan tol Gempol-Pasuruan direncanakan menggunakan timbunan tanah dengan variasi tinggi yang berbeda-beda mencapai 9,21 meter. Perencanaan timbunan semula menggunakan timbunan sisi miring yang membuat kebutuhan lahan semakin besar.
Pada penulisan tugas akhir ini penulis melakukan altertanif perencanaan timbunan pada tol Gempol-Pasuruan yang semula adalah timbunan sisi miring, dirubah menjadi kostruksi timbunan sisi tegak dengan alasan kebutuhan lahan yang lebih kecil dibandingkan dengan timbunan dengan sisi miring. Berdasarkan hasil pengujian sondir dan borelog pada beberapa stationing didapatkan bahwa kondisi tanah dasar berupa tanah lunak yang kedalamannya mencapai 9,6 meter. Oleh karenanya dalam perencanaan timbunan sisi tegak ini direncanakan juga metode untuk perbaikan tanah dasarnya, sehingga mampu memikul beban yang bekerja di atas timbunan.
Dalam perencanaan terdapat dua alternatif perkuatan timbunan sisi tegak antara lain adalah geotextile kombinasi dengan turap dan micropile didapatkan hasil biaya material sebesar Rp.44.831.299.810,-. Sedangkan untuk perkuatan freyssisol dan micropile didapatkan biaya material sebesar Rp.43.507.059.688,-. Selain itu untuk perbaikan tanah menggunakan dua metode yaitu metode preloading dengan beban tanah timbunan dengan percepatan menggunakan pre fabricated vertical drain dengan total biaya Rp.938.247.033,- dan metode perbaikan tanah dengan metode replacement soil layers. Dari segi biaya didapatkan perencanaan paling optimal adalah dengan perkuatan menggunakan freyssisol dan micropile dengan metode percepatan pre fabricated vertical drains.
===============================================================================================================================
Toll road construction is a government effort to solve traffic problem in Indonesia. One of toll roads in Indonesia that is still under construction is the Gempol-Pasuruan toll road.The construction of Gempol-Pasuruan toll road is one of the solutions to reduce traffic problem in East java, especially for access the eastern region in Java. Gempol-Pasuruan toll road generally planned using embankment with different height variations about 9,21 meters. Formerly, the embankment are using a slope embankment that affected larger land needs.
In this final project, the author want give an alternative to change slope embankment construction become embankment without slope, because of smaller land needs as the requisite. Based on CPT analysis and bore log, it conclude the subgrade condition are very soft – soft soil with 9,6 meter in depth. Therefore, in this embankment design, the subgrade soil repairs are needed to hold the burden that works on the heap.
For the planning, there are two reinforcement embankment alternatives, geotextile with sheet pile combination also micropile with material cost estimated about Rp.44.831.299.810,-. Whereas freyssisol and micropile reinforcement are estimated about Rp.43.507.059.688,-. For soil repairment are used two methods, there are preloading (soil load) with acceleration using pre fabricated vertical drain are estimated about Rp.938.247.033,-, and also soil repairment using replacement soil layers method. Based on estimated cost it conclude that the most optimal planning method are using freyssisol and micropile using soil repairment with pre fabricated vertical drain.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 625.7 Dhi a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Timbunan sisi tegak, Geotextile wall, Freesisol, Pre fabricated vertical drains, replacement soil.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: muhammad krisna wira dhika
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:58
Last Modified: 10 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65137

Actions (login required)

View Item View Item