Perancangan Geometrik dan Struktur Jalan Rel untuk Rencana Kereta Cepat Surabaya - Yogyakarta Seksi Stasiun Madiun - Stasiun Solo Balapan

Putra, Dhio Dwinofiansyah (2019) Perancangan Geometrik dan Struktur Jalan Rel untuk Rencana Kereta Cepat Surabaya - Yogyakarta Seksi Stasiun Madiun - Stasiun Solo Balapan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000019-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000019-Undergraduate_Theses.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Permasalahan transportasi adalah suatu permasalahan yang masih belum bisa ditangani dengan baik di negara Indonesia. Terutama untuk fasilitas transportasi umum antar kota khususnya dari kota Surabaya menuju Daerah Istimewa Yogyakarta, yang seharusnya lebih bisa diperbaiki dan dikembangkan. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya fasilitas transportasi umum yang lancar, aman, nyaman, dan tentunya modern. Dalam hal ini salah satu bidang transportasi umum yang bisa dimanfaatkan dan banyak diminati masyarakat adalah kereta api. Sebagai contoh, Menurut RIPNAS 2030 ( Rencana Induk Perkeretaapian Nasional 2030 ), perjalanan penumpang kereta api (Orang/tahun) dari kota Surabaya menuju Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 795.000 – 25.000.000 orang per tahunnya. Oleh karena itu diperlukan fasilitas kereta api yang baik dan modern untuk mengakomodasi angka tersebut.
Untuk menciptakan fasilitas kereta api yang baik dan modern, perlu dilakukan perencanaan kereta cepat Surabaya – Yogyakarta agar tercipta fasilitas transportasi umum yang baik. Pada tugas akhir ini, perencanaan yang dilaksanakan adalah pada seksi stasiun Madiun menuju stasiun Solo Balapan. Dengan adanya perencanaan rencana kereta cepat Surabaya – Yogyakarta seksi stasiun Madiun – stasiun Solo Balapan ini diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif untuk mengatasi kemacetan akibat terlalu banyaknya penggunaan kendaraan pribadi untuk perjalanan antar kota.
Dari hasil analisa dan perhitungan yang telah dilakukan, untuk pemilihan alternatif trase digunakan metode multi criteria analysis dan didapatkan hasil alternatif trase 1 dengan panjang trase 89,154 Km. Untuk perencanaan geometrik jalan rel direncanakan lebar track gauge 1435mm. Kereta yang digunakan adalah TGV Duplex dari negara Prancis dengan kecepatan rencana 300 Km/jam. Nilai jari-jari minimum pada alinyemen horizontal adalah 4900 m dan untuk alinyemen vertikal adalah 22500 m. Dan untuk tipe rel yang digunakan adalah rel R60. Pada daerah perkotaan kota Madiun dan kota Solo digunakan konstruksi elevated untuk menghindari perlintasan sebidang. Dan dipatkan volume galian sebesar 6,173,794 m3 dan volume timbunan adalah sebesar 3,316,511 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Geometrik Jalan Rel, Konstruksi Jalan Rel, Kereta Cepat Surabaya – Yogyakarta
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dhio Dwinofiansyah Putra
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:01
Last Modified: 10 Jul 2024 02:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65138

Actions (login required)

View Item View Item