Analisa Risiko Pada Proses Start Turbin Gas Di Unit PLTGU PT. X Menggunakan Metode FMECA

Zuhdi, Muhammad Syaifuddin (2019) Analisa Risiko Pada Proses Start Turbin Gas Di Unit PLTGU PT. X Menggunakan Metode FMECA. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211550013020-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211550013020-Master_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 09211550013020-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211550013020-Master_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembangkit peaker adalah pembangkit yang dioperasikan saat jaringan pada beban puncak. Menjadi pembangkit peaker berdampak pada seringnya start-stop dalam pola operasinya. Sehingga kesiapan unit pembangkit untuk bisa diminta start/operasi sewaktu-waktu menjadi tuntutan utama pembangkit peaker. Namun dalam kenyataannya, kegagalan start masih saja terjadi pada unit pembangkit. Kegagalan start disebabkan oleh kerusakan atau kondisi yang abnormal dari tiga komponen utama yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin maupun pendukungnya. Gagal start menyebabkan banyak sekali kerugian bagi perusahaan antara lain kehilangan potensi pendapatan produksi yang sangat besar, kerugian pemakaian bahan bakar, pemakaian listrik untuk peralatan pendukung, material unit pembangkit, tidak tercapainya KPI perusahaan, penurunan tingkat kepuasan pelanggan dan masih banyak lagi. Untuk itu gagal start harus diminimalisir bahkan dihilangkan. Selama ini penanganan gagal start masih bersifat corrective maintenance. Corrective maintenance merupakan tindakan pemeliharaan yang tidak terjadwal, tidak dapat diprediksi, direncanakan atau diprogram berdasarkan kejadian pada waktu tertentu sehingga memberikan potensi kehilangan pendapatan kepada perusahaan lebih besar. Salah satu upaya untuk mengurangi kegiatan corrective maintenance adalah melakukan preventive maintenance. Namun untuk melakukan preventive maintenance perlu dilakukan kajian dan analisa mendalam agar preventive maintenance yang dilakukan efektif dan tepat sasaran. Untuk itu dilakukan analisa risiko gagal start dengan menggunakan metode Failure Mode Effects and Criticality Analysis (FMECA). Hasil dari penelitian ini didapatkan empat moda kegagalan kritis yaitu tekanan torque converter rendah, abnormal pada valve bahan bakar, tidak terjadi pembakaran dan abnormal pada igniter beserta mitigasi risikonya. ==================================================================================================================================
The peaker power plant is a power plant that is operated when the network is at peak load. Being a peaker power plant has an impact on the frequent stop-start in the operations. So that the readiness of the power plant to be asked to start / operate at any time is the main demand of the peaker power plant. But in reality, start failure still occurs in the power plant. Start failure is caused by damage or abnormal conditions of the three main components: the compressor, combustor and turbine with its parts. Start failure causes a lot of losses for the company like very much loss of potential production revenue, loss of fuel consumption, electricity usage for supporting equipment, materials of gas turbine, failure to achieve KPI’s company, decrease in customer satisfaction and much more. So, it must be minimized or eliminated. Until now, maintenance for start failure still corrective maintenance. Corrective maintenance is an unscheduled, unpredictable, unplanned or unprogrammed maintenance action based on an event at a certain time so the potential loss of company’s income large. One effort to reduce corrective maintenance activities with preventive maintenance. However, to do preventive maintenance, it is necessary to conduct in-depth studies and analysis so that preventive maintenance is carried out effectively and on target. For this reason a risk analysis of the start failure with Failure Mode Effects and Criticality Analysis (FMECA) method need to do. The results is there are four of critical failure modes, torque converter’s pressure low, abnormal in fuel valve, combustion not happen, igniter’s abnormal and their risk mitigation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.155 Zuh a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Gagal Start, Turbin Gas, Failure Mode Effects and Criticality Analysis (FMECA), Preventive Maintenance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: MUHAMMAD SYAIFUDDIN ZUHDI
Date Deposited: 15 Jan 2025 08:02
Last Modified: 15 Jan 2025 08:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65174

Actions (login required)

View Item View Item