Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Realitas Virtual Pada Simulasi Wall Climbing Menggunakan Oculus Rift, Oculus Touch dan Leap Motion

Subgaia, Gd. Wahyu Nugraha (2019) Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Realitas Virtual Pada Simulasi Wall Climbing Menggunakan Oculus Rift, Oculus Touch dan Leap Motion. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111540000016-Gd. Wahyu Nugraha-Buku_TA.pdf]
Preview
Text
05111540000016-Gd. Wahyu Nugraha-Buku_TA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Simulasi panjat dinding atau yang lebih dikenal dengan Wall Climbing merupakan kegiatan yang memiliki nilai-nilai simulasi sekaligus memiliki daya tarik tersendiri, seperti kesulitan yang beraneka ragam yang terdapat pada lekukan-lekukan yang dibuat sesuai dengan keinginan serta tingkat kesulitannya yang berbeda-beda. Simulasi panjat dinding telah berkembang pesat, terbukti dengan adanya banyak agenda kegiatan ekspedisi panjat dinding maupun kompetisi panjat dinding buatan. Simulasi Wall Climbing ini akan dibuat menjadi sebuah aplikasi yang berbasis realitas virtual yang menggunakan alat Oculus Rift dengan Oculus Touch dan Oculus Rift dengan Leap Motion Controller untuk mendeteksi gerakan tangan dan jari. Secara umum proses ini dimulai dengan pemain membuka aplikasi dan akan menampilkan pilihan tombol play untuk memulai kegiatan memanjat dan pilihan tombol exit untuk keluar dari aplikasi. Pemain akan menuju ke halaman utama kegiatan yang akan terdapat objek wall climbing yang terdapat poin-poin untuk memanjat dengan cara menggengam dan menariknya kebawah maka pemain akan berpindah posisi kebagian atas sedikit demi sedikit hingga berhasil mencapai atas tembok. Pada teknologi yang pertama yaitu Oculus Rift dengan menggunakan Oculus Touch sebagai controllernya pemain akan menggunakan Oculus Headset untuk menampilkan display dari aplikasi dan memegang kedua controller dari Oculus untuk menjadi sensor dengan cara menekan trigger dari controller dan akan menjadi tangan pemain pada saat memainkan aplikasi ini. Dengan teknologi yang kedua yaitu Oculus Rift dengan Leap Motion Controller, mula-mula pemain akan menggunakan Oculus Rift Headset untuk menjadi display dari pemain dan menggunakan Leap Motion Controller yang dipasang didepan Oculus Rift Headset untuk menjadi sensor dari tangan pada saat menggenggam dan tidak menggenggam sekaligus untuk menjadi kamera pengganti dari Oculus Rift Headset. Hasil dari pengujian Tugas Akhir ini adalah sebuah aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat computer high-end. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C# di Unity 3D versi 2018.3.5f1 dengan pengujian kepada responden, dengan pengujian beta dapat disimpulkan aplikasi telah mengimplementasikan perancangan perangkat yang baik.
=================================================================================================================================
Wall Climbing is an activity that has sports values while at the same time has its own charm, such as various difficulties which are found in indentations that are made according to their desires and different levels of difficulty. Wall climbing sports have grown rapidly, as evidenced by the many agendas of wall climbing expeditions and artificial wall climbing competitions. This wall climbing sport will be made into a virtual reality-based application that uses the Oculus Rift with Oculus Touch and Oculus Rift with Leap Motion Controller tools to detect hand and finger movements. In general, this process begins with the player open the application and will display the play button option to start climbing activities and the exit button option to exit the application. The player will go to the main page of the activity where there will be a wall climbing object that has points to climb by grasping and pulling it down so the player will move to the top position little by little until he reaches the top of the wall. In the first technology, Oculus Rift with Oculus Touch by using its controller, the player will use the Oculus Headset to show the display from the application and hold both controllers from Oculus to become sensors by pressing trigger from the controller and will be the player's hand when playing this application. With the second technology,Ouclus Rift with the Leap Motion Controller, first of all, player will use the Oculus Rift Headset to be a display of the player and use the Leap Motion Controller installed in front of the Oculus Rift Headset to become a sensor from the hand when holding and not holding at the same time to become a replacement camera for the Oculus Rift Headset. The results of this Final Assignment are applications that can be run on high-end computer devices. This application was built using C# programming language in Unity 3D version 2018.3.5f1 with testing to respondents, with beta testing can be concluded that the application has implemented the design well.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSIf 004.678 Sub r-1 2019
Uncontrolled Keywords: Leap Motion, Oculus Rift, Oculus Touch, Virtual Reality, Unity 3D, Wall Climbing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gd. Wahyu Nugraha Subagia
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:40
Last Modified: 14 Mar 2024 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65217

Actions (login required)

View Item View Item