Perencanaan Rute Bus Berdasarkan Demand Penumpang di Terminal 2 Juanda Surabaya

Sakinah, Annisa Nur (2019) Perencanaan Rute Bus Berdasarkan Demand Penumpang di Terminal 2 Juanda Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000145-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000145-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bandara Juanda menjadi bandara utama bagi Kota Surabaya dan sebagian besar wilayah Jawa Timur. Namun belum ada moda transportasi umum berjenis bus yang memiliki jalur dari Terminal 2 Juanda menuju kota-kota lain di Jawa Timur. Untuk memberikan kelancaran mobilitas penumpang dari Terminal 2 Juanda ke kota-kota lain di Jawa Timur serta memperkirakan perkembangan penumpang di 5 tahun mendatang yang akan menggunakan transportasi umum berjenis bus, maka dibutuhkan perencanaan rute bus serta operasional bus untuk memenuhi demand penumpang di Terminal 2 Juanda guna memperlancar transportasi di Terminal 2 Juanda Surabaya. Perhitungan dari demand penumpang yang berpotensi untuk menggunakan moda bus dianalisis dengan hasil survei penumpang di Terminal 2 Juanda yang dianalisis menggunakan metode modal split dengan memperhitungkan antara probabilitas frekuensi penumpang yang datang ke Terminal 2 Juanda dengan cost yang diharapkan oleh calon penumpang bus. Setelah menghitung demand penumpang yang berpotensi menggunakan moda bus maka dilakukan penentuan rute per koridor. Setelah itu, menghitung bangkitan pergerakan penumpang untuk 5 tahun kedepan di Terminal 2 Juanda. Analisis ini menggunakan regresi linear dan rasio pertumbuhan dari pendapatan perkapita. Perencanaan operasional bus direncanakan berdasarkan faktor-faktor pelayanan angkutan umum. Dari hasil survei yang dilakukan serta perhitungan demand yang berpotensi untuk menggunakan moda bus maka ditetapkan tiga rute per koridor yaitu rute 1 koridor utara untuk Madura, rute 2 koridor selatan untuk Sidoarjo, Malang, Blitar dan rute 3 koridor barat untuk Mojokerto, Jombang, Kediri, tulungagung. Bangkitan penumpang di terminal kedatangan dan di terminal keberangkatan pada tahun 2024 pada rute 1 sebanyak 1112 penumpang/hari & 1413 penumpang/hari, rute 2 sebanyak 1304 penumpang/hari & 2667 penumBandara Juanda menjadi bandara utama bagi Kota Surabaya dan sebagian besar wilayah Jawa Timur. Namun belum ada moda transportasi umum berjenis bus yang memiliki jalur dari Terminal 2 Juanda menuju kota-kota lain di Jawa Timur. Untuk memberikan kelancaran mobilitas penumpang dari Terminal 2 Juanda ke kota-kota lain di Jawa Timur serta memperkirakan perkembangan penumpang di 5 tahun mendatang yang akan menggunakan transportasi umum berjenis bus, maka dibutuhkan perencanaan rute bus serta operasional bus untuk memenuhi demand penumpang di Terminal 2 Juanda guna memperlancar transportasi di Terminal 2 Juanda Surabaya. Perhitungan dari demand penumpang yang berpotensi untuk menggunakan moda bus dianalisis dengan hasil survei penumpang di Terminal 2 Juanda yang dianalisis menggunakan metode modal split dengan memperhitungkan antara probabilitas frekuensi penumpang yang datang ke Terminal 2 Juanda dengan cost yang diharapkan oleh calon penumpang bus. Setelah menghitung demand penumpang yang berpotensi menggunakan moda bus maka dilakukan penentuan rute per koridor. Setelah itu, menghitung bangkitan pergerakan penumpang untuk 5 tahun kedepan di Terminal 2 Juanda. Analisis ini menggunakan regresi linear dan rasio pertumbuhan dari pendapatan perkapita. Perencanaan operasional bus direncanakan berdasarkan faktor-faktor pelayanan angkutan umum. Dari hasil survei yang dilakukan serta perhitungan demand yang berpotensi untuk menggunakan moda bus maka ditetapkan tiga rute per koridor yaitu rute 1 koridor utara untuk Madura, rute 2 koridor selatan untuk Sidoarjo, Malang, Blitar dan rute 3 koridor barat untuk Mojokerto, Jombang, Kediri, tulungagung. Bangkitan penumpang di terminal kedatangan dan di terminal keberangkatan pada tahun 2024 pada rute 1 sebanyak 1112 penumpang/hari & 1413 penumpang/hari, rute 2 sebanyak 1304 penumpang/hari & 2667 penumpang/hari, rute 3 sebanyak 2704 penumpang/hari & 3003 penumpang/hari. Armada yang digunakan direncanakan menggunakan bus besar lantai tunggal dengan kapasitas 49 penumpang. Kebutuhan armada pada rute 1 sebanyak 13 bus untuk tahun 2019 dan tahun 2024. Rute 2 total bus sebanyak 35 bus untuk tahun 2019 dan 44 bus pada tahun 2024. Rute 3 total bus sebanyak 40 bus untuk tahun 2019 dan 45 bus pada tahun 2024. pang/hari, rute 3 sebanyak 2704 penumpang/hari & 3003 penumpang/hari. Armada yang digunakan direncanakan menggunakan bus besar lantai tunggal dengan kapasitas 49 penumpang. Kebutuhan armada pada rute 1 sebanyak 13 bus untuk tahun 2019 dan tahun 2024. Rute 2 total bus sebanyak 35 bus untuk tahun 2019 dan 44 bus pada tahun 2024. Rute 3 total bus sebanyak 40 bus untuk tahun 2019 dan 45 bus pada tahun 2024.
===============================================================================================================================
Juanda airport is the main airport for the city of Surabaya and most of East Java. But there is no mode of public transportation type that has route from Terminal 2 Juanda to other cities in East Java. To provide the smooth mobility of passengers from Terminal 2 Juanda to other cities in East Java and development of passengers in the next 5 years that will use bus as public transportation, it is necessary to plan the bus route and operational bus to fulfill the demand of passengers in Terminal 2 Juanda to facilitate transportation in the Terminal 2 of Juanda Surabaya. Calculation of the potential passenger use the bus is analyzed with the result of passenger survey at Terminal 2 Juanda using analyzed method of split capital by accounting for the probability of the frequency of passengers come to Terminal 2 Juanda with the cost expected by the passengers. After calculating the demand for potential passengers using the bus mode, the route is carried out per corridor. After that, counting the movement of passenger movements for the next 5 years in Terminal 2 Juanda. This analysis uses linear regression and growth ratio of the per capita income. Bus operational planning is planned based on the factors of public transport services. From the results of the survey and demand calculation potential to use the bus, three routes can be set per corridor that is route 1 north corridor for Madura, route 2 corridor south for Sidoarjo, Malang, Blitar and route 3 western corridors to Mojokerto, Jombang, Kediri, Tulungagung. Trip generation to route at the arrival terminal and at the departure terminal in 2024 on route 1 as much as 1112 passengers/day & 1413 passengers/day, route 2 of 1304 passengers/day & 2667 passengers/day, route 3 as many as 2704 passengers/day & 3003 Passengers/day. The fleet used was planned to use a single floor large bus with a capacity of 49 passengers. The fleet needs on route 1 as much as 13 buses for 2019 and year 2024. Route 2 total buses 35 buses for 2019 and 44 buses in 2024. Route 3 of the total bus 40 buses for 2019 and 45 buses in 2024.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 388.413 22 Sak p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Bangkitan Penumpang, Bus, Demand, Juanda, Rute
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Annisa Nur Sakinah
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:56
Last Modified: 12 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65309

Actions (login required)

View Item View Item