Qarni, Uwaisul (2019) Karakterisasi Komposit Resin Epoksi Berpenguat Ampas Tebu dan Sebruk Tembaga Untuk Aplikasi Kampas Kopling Bebas Asbestos. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
02511540000123-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kampas kopling pada kendaranan bermotor umumnya menggunakan material fiber asbestos. Material asbestos memiliki sifat karsinogenik dan berbahaya bagi manusia. Maka dari itu diperlukan material penguat pengganti asbestos. Komposit berpenguat ampas tebu merupakan salah satu alternatif material kampas kopling yang ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan resin epoksi berpenguat serat ampas tebu, serbuk tembaga dan kompatibiliser berupa MAPP. Rumusan permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variasi komposisi ampas tebu terhadap sifat fisik, kekerasan, dan keausan dari komposit resin epoksi berpenguat ampas tebu dan serbuk tembaga. Pengujian yang dilakukan adalah uji SEM, uji densitas, uji absorbsi air dan oli, dan uji kekerasan. Selain itu komposit juga diuji keausan untuk mengetahui nilai keausan spesifik dari komposit dan kampas kopling komersial, dan juga dilakukan uji FTIR untuk mengidentifikasi ikatan kimia yang muncul pada komposit. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kekerasan tertiggi ialah ampas tebu komposisi 35% dengan nilai kekerasan sebesar 79.167 HD, nilai keausan yang mendekati nilai keausan kampas kopling komersial ialah komposisi ampas tebu 35% dengan nilai keausan sebesar 4.83x 10-8 mm2/kg sedangkan nilai keausan kampas kopling komersial didapatkan sebesar 4.73x 10-8 mm2/kg.
===================================================================================================================================
Clutch friction plate on motorized vehicles generally uses fiber asbestos material. Asbestos material has carcinogenic properties and is dangerous for humans. Therefore, asbestos replacement reinforcement material is needed. Composite reinforced bagasse is one of the alternative clutch material that is environmentally friendly. This study uses epoxy resin reinforced bagasse fiber, copper powder and compliant in the form of MAPP. The formulation of the problem from this research is how the influence of the variation of bagasse composition on the physical properties, hardness and wear rate of epoxy resin reinforced bagasse and copper powder composites. Test carried out were SEM test, density test, water and oil absorption test, hardness test. Besides that, the composite also be tested with ogoshi machines to determine the specific wear values of the composites and comercial clutch, and FTIR tests to identify the chemical bonds that appear on the composite. The test results showed that the highest hardness value was 35% bagasse with a hardness value of 79,167 HD, the wear value that is close to the comercial clutch was 35% bagasse composition with a wear value of 4.83 x 10-8 mm2 /kg, while the wear value of the comercial clutch was estimated at 4.73 x 10-8 mm2/kg.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
