Analisa Line Balancing Dengan Metode Aturan Largest-Candidate Pada Proses Produksi di SBP 30.000 PT. PAL Indonesia

Widiantoro, Herisantoso (2000) Analisa Line Balancing Dengan Metode Aturan Largest-Candidate Pada Proses Produksi di SBP 30.000 PT. PAL Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100016-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4195100016-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (48MB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan industri perkapalan di era global saat ini, PT. PAL
INDONESIA sebagai galangan terbesar dan termodern di Indonesia berpotensi paling
kuat sebagai ujung tombak dalam pembangunan kapal-kapal baru, repair, dan
maintanance. Dengan fasilitas-fasilitas seperti building berth berkapasitas hingga 30.000
DWT, tak diragukan lagi bahwa PT. PAL adalah aset nasional yang cukup strategis.
Untuk mengemban tugas ini, diharapkan PT. PAL akan selalu berupaya
meningkatkan produktivitasnya dalam setiap melakukan kegiatan produksi. Cara yang
dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan produksi adalah dengan memperlancar
aliran proses produksi serta menghilangkan praktek-praktek yang tidak produktif. Pada
galangan, hal tersebut dapat dikaitkan dengan tata letak galangan, laju kcrja produksi,
pembagian beban secara merata pada tiap stasiun kerja, utilitas, serta faktor-faktor
lainnya. liambatan pada salah satu faktor atau pada tahap proses produksi dapat
menyebabkan pennasalahan keseimbangan Jintasan . Bila permasalahan tersebut terjadi
maka aliran produksi tidak dapat berjalan dengan lancar dan timbul kegiatan-kegiatan
yang tidak produktif. Untuk itu maka. diperluk an analisa serta evaluasi pada proses
produksi di galangan khususnya di Ship Building Plant 30.000 DWT.
Metode yang digunakan adalah mctodc aturan Largest Candidate yang
diaplikasikan pada suatu model simulasi dcngan bantuan sojiware Simple++. Pada
metode ini, setiap elemen kerja dalam proses produksi dikclompokan menjadi suatu
stasiun kerja yang terdiri dari sejum Iah peralatan dengan beberapa prosedur kerja yang
saling terkait. Kemudian dibuat suatu model simulasi yang menerima masukan data
bcrupa distribusi beban dan waktu pengerjaan baku tiap stasiun kerja.
Setelah proses simulasi dijalankan maka akan diperoleh data hasil simulasi yang
digunakan untuk mengevaluasi keseimbangan lintasan pada proses produksi. Selanjutnya
dapat dicari altematif-altematif masukan data lain yang dapat memberikan hasil yang
lebih optimal. Jadi model simulasi yang dibuat dcngan bantuan software Simple++ ini
akan dapat 1nembantu pengambilan keputusan eli SBP 30.000 khususnya bengkel
Fabrikasi Lambung PT. PAL INDONESIA untuk mcningkatkan produktifitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 658.5 Her a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:36
Last Modified: 05 Aug 2019 03:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65596

Actions (login required)

View Item View Item