Perencanaan Trase pada Pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri Ditinjau dari Kelayakan Ekonomi dan Finansial

Wibowo, Dea Adlina Tiara (2019) Perencanaan Trase pada Pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri Ditinjau dari Kelayakan Ekonomi dan Finansial. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000011-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000011-Undergraduate_Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peningkatan volume lalu lintas harian Jalan Tol Ngawi-Kertosono seksi Nganjuk-Caruban yang terjadi terus menerus mengakibatkan kemacetan pada ruas jalan tersebut. Peningkatan tersebut terjadi karena di Nganjuk terkoneksi dengan jalan arteri menuju Kota Kediri. Sehingga memunculkan hipotesa bahwa adanya tambahan lalu lintas dari Kota Kediri dan sekitarnya menuju arah Barat. Selain itu, kondisi saat ini jalan arteri Kediri-Kertosono dan jalan provinsi Kediri-Nganjuk hanya terdiri 2 lajur tanpa pembatas lajur, 1 lajur hanya untuk 1 kendaraan besar. Dalam upaya penanggulangan masalah peningkatan volume tersebut, pemerintah merencanakan penambahan seksi Jalan Tol Ngawi-Kertosono, yaitu seksi Kertosono-Kediri. Tujuan dari penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk menganalisis kelayakan dari proyek pembangunan jalan tol Kertosono-Kediri yang ditinjau dari segi ekonomi dan finansial dengan merencanakan trase yang terbaik.
Pada penyusunan Tugas Akhir ini, akan dianalisis pemilihan trase jalan yang paling efektif dari 3 alternatif trase dengan menggunakan metode multicriteria analysis. Lalu dianalisis kelayakan pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri dengan merekapitulasi data volume lalu lintas, menghitung derajat kejenuhan jalan eksisting sebelum dan sesudah adanya pembangunan jalan tol dan melakukan analisis perpindahan pengguna jalan eksisting ke jalan tol. Lalu melakukan analisis kelayakan ekonomi dengan menghitung penghematan yang terjadi akibat biaya operasional kendaraan (BOK) dan nilai waktu menggunakan metode Jasa Marga, dan menghitung BCR, NPV, serta IRR. Kemudian melakukan analisis kelayakan finansial berupa keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh investor dengan parameter analisis BCR, NPV, IRR serta PbP.
Berdasarkan analisis pemilihan trase dengan menggunakan multi criteria analysis, didapatkan hasil bahwa trase terpilih adalah alternatif trase 3 dengan panjang 26,41 km. Dari hasil analisis kelayakan ekonomi, didapatkan nilai BCR yaitu sebesar 5,93 (BCR>1), nilai NPV sebesar Rp. 28.583.780.718.742 (NPV>0) dan nilai EIRR sebesar 24,3596 % (IRR>MARR). Sedangkan hasil dari analisis kelayakan finansial didapatkan nilai BCR sebesar 1,96 (BCR>1), nilai NPV sebesar Rp. 5.564.847.011.184 (NPV>0), nilai FIRR sebesar 10,6953% (IRR>MARR) dan payback period pada tahun ke 17 setelah Jalan Tol Kertosono-Kediri mulai beroperasi. Berdasarkan hasil analisis diatas, maka dapat disimpulkan rencana pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri layak dari segi ekonomi maupun finansial.
Kata Kunci : Jalan Tol Kertosono-Kediri, Kelayakan Ekonomi, Kelayakan Finansial, Multicriteria Analysis
===============================================================================================================================
The increase in the daily traffic volume of the Ngawi-Kertosono Toll Road in the Nganjuk-Caruban section which occured continuously causing a congestion on this road section. The increase happens because Nganjuk is connected to an arterial road to Kediri City. This raises the hypothesis that there is additional traffic from the Kediri City and its surroundings towards the West. In addition, the current condition of the Kediri-Kertosono artery road and the Kediri-Nganjuk provinvial road only consists of 2 lanes undivided, and 1 lane is only for 1 heavy vehicle. In an effort to overcome the problem of increasing traffic volume, the government planned to build an addition section on the Ngawi-Kertosono Toll Road named Kertosono-Kediri section. The purpose of this Final Project is to analyze the feasibility of the construction plan of the Kertosono-Kediri Toll Road from an economic and financial aspects by planning the best route.
In this Final Project, will be analyzed the selection of the most effective route from 3 alternative routes using the multicriteria analysis method. Then analyze the feasibility of Kertosono-Kediri Toll Road by recapitulating traffic volume data, calculating the degree of saturation of exisitng roads without project and with project, and analyzing the transfer of existing roads users to the toll road. Then analyze the economic feasibility by calculating the saving of vehicle operational cost (BOK) and value of time using the Jasa Marga method and calculating Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV) and Economic Internal Rate of Return (EIRR). Then do a financial feasibility analysis in the form of profits or losses that will be obtained by investors with the paramaters of BCR, NPV, IRR and Payback Period analysis.
Based on the analysis of the route selection using multi criteria analysis method, it was resulted that the selected route is the third alternative with a length of 26,41 km. From the economic feasibility analysis, the BCR value is obtained at 5,93 (BCR>1), the NPV is Rp. 28.583.780.718.742 (NPV>0) and EIRR value of 24,3596% (IRR>MARR). While the result of the financial feasibility analysis obtained a BCR value of 1,96 (BCR>1), the NPV is Rp. 5.564.847.011.184 (NPV>0), FIRR value is 10,6953% (IRR>MARR) and the payback period in the 17th year after the Kertosono-Kediri Toll Road is operated. Based on te results of those analysis, it can be conclude that the planned construction of the Kertosono-Kediri Toll Road is feasible in terms of economic and financial aspects.
Keywords : Kertosono-Kediri Toll Road, Economic Feasibility Study, Financial Feasibility Study, Multicriteria Analysis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Kertosono-Kediri, Kelayakan Ekonomi, Kelayakan Finansial, Multicriteria Analysis
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dea Adlina Tiara Wibowo
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:07
Last Modified: 09 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65768

Actions (login required)

View Item View Item