Analisis Hubungan Kecepatan dan Kecelakaan Lalu lintas pada Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro

Arifah, Ana Ghayatul (2019) Analisis Hubungan Kecepatan dan Kecelakaan Lalu lintas pada Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000012-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000012-Undergraduate_Theses.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro Kota Surabaya merupakan ruas jalan dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi dikota Surabaya (Adewira, 2017). Jalan Ahmad Yani yang terletak di ujung selatan Kota Surabaya merupakan jalan raya yang menjadi prasarana keluar masuknya kendaraan dari atau ke Kota Surabaya. Jalan Diponegoro Kota Surabaya merupakan salah satu akses yang menghubungkan antara Surabaya bagian selatan dengan Surabaya bagian barat. Padatnya lalu lintas serta kondisi eksisting jalan yang cukup lebar dan mengakibatkan pengendara memacu kendaraan melebihi ambang batas kecepatan dan menyebabkan tingginya kecelakaan lalu lintas (Pandia, 2018). Jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di kedua ruas jalan tersebut semakin meningkat setiap tahunnya (Polrestabes Surabaya, 2018). Belum diketahui pasti titik paling rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan faktor apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas pada Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro Kota Surabaya, maka perlu adanya analisis hubungan kecepatan dan kecelakaan lalu lintas pada kedua ruas jalan tersebut.
Dalam melakukan analisis hubungan kecepatan dengan kecelakaan lalu lintas pada kedua ruas jalan tersebut, tahapan yang dilakukan meliputi pengumpulan data sekunder kecelakaan lalu lintas, analisa lalu lintas, analisis tingkat kecelakaan dan angka ekuivalen kecelakaan sesuai Pd T -09-2004-B, analisis daerah rawan kecelakaan menggunakan metode cumulative summary, survey kecepatan kendaraan pada daerah rawan kecelakaan, analisis distribusi kecepatan perjenis kendaraan sesuai dengan uji normalitas serta uji hipotesis kecepatan kendaraan di daerah rawan kecelakaan yang melebihi kecepatan maksimal dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas pada Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro Kota Surabaya.
Berdasarkan hasil analisis klasifikasi kecelakaan tertinggi terjadi pada tahun 2017, hari aktif (senin dan kamis), pukul >06.00-12.00, sepeda motor sebagai penyebab dan luka ringan sebagai korban tertinggi. Pemeringkatan analisis tingkat kecelakaan, tingkat fatalitas, angka ekivalen kecelakaan dan cummulative summary menyimpulkan bahwa STA 0+300–STA 0+400 Jalan Ahmad Yani Sisi Barat, STA 0+800–STA 0+900 Jalan Ahmad Yani Sisi Timur, STA 0+500–STA 0+600 Jalan Diponegoro Sisi Barat, STA 0+900–STA-1+000 Jalan Diponegoro Sisi Timur, dan Diponegoro-Sutomo simpang empat menjadi daerah rawan kecelakaan. Kecepatan kendaraan untuk semua jenis kendaraan pada daerah rawan kecelakaan secara statistik terdistribusi normal dan Berdasarkan kesimpulan pada pengujian hipotesis kecepatan kendaraan untuk semua jenis kendaraan pada daerah rawan kecelakaan secara statistik menyatakan bahwa kecepatan kendaraan yang melintasi daerah rawan kecelakaan melebihi batas regulasi yaitu 40 km/jam.

Kata kunci: kecepatan, kecelakaan lalu lintas, tingkat kecelakaan, cummulative summary

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kecelakaan lalu lintas, tingkat kecelakaan, cummulative summary
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ANA GHAYATUL ARIFAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:05
Last Modified: 09 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65778

Actions (login required)

View Item View Item