Analisis Kinerja Bus Suroboyo Rute Barat-Timur Terhadap Kepuasan Pelaku Transportasi

Indahsari, Dyah Ayu Risnu (2019) Analisis Kinerja Bus Suroboyo Rute Barat-Timur Terhadap Kepuasan Pelaku Transportasi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000087-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111540000087-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fenomena naiknya tingkat perekonomian, industri kota Surabaya ada kaitanya dengan kebutuhan penggunaan transportasi darat. Fenomena ini tidak bisa dilepaskan dari keberadaan transportasi umum sebagai prasarana pendukung utama bagi pelayanan jasa transportasi umum. Respon transportasi umum terhadap peningkatan ini idealnya diiringi dengan perbaikan fasilitas dan sarana prasarana pendukung. Akan dikumpulkan data dari kuesioner tentang kepuasan pelaku transportasi yang terdiri dari 87 penumpang Suroboyo Bus. Namun sebelumnya dilakukan identifikasi atribut penilaian yang dikelompokkan ke dalam 5 dimensi kualitas jasa, yaitu tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy. Variabel-variabel tersebut selanjutnya akan dijadikan pertanyaan-pertanyaan bagi penumpang Suroboyo Bus. Dari hasil kuesioner data diolah menggunakan uji validitas dan reiliabilitas menggunakan alat bantu software SPSS. Pada tahap akhir dilakukan pemetaan nilai antara kepuasan dan kepentingan penumpang terhadap kinerja Suroboyo Bus, yaitu degan menggunakan analisa kuadran sehingga dapat diketahui variabel mana yang hendaknya diberikan prioritas utama untuk dilaukan perbaikan. Dari analisa yang sejauh ini telah dilakukan, didapatkan berupa hasil penelitian diantaranya adalah nilai tingkat kesesuaian masing-masing responden terhadap setiap variabel. Kemudian dapat diketahui variabel mana yang secara signifikan mempengaruhi kualitas kinerja Suroboyo Bus. Hal ini dapat dilihat pada kuadran I dimana atribut yang termasuk dalam kuadran I adalah atribut yang harus diberikan priorotas utama untuk perbaikan. Pada penumpang diketahui bahwa yang perlu mendapatkan prioritas utama untuk perbaikan adalah faktor mengenai desain halte yang saat ini tidak memiliki atap dan tempat duduk untuk penumpang menunggu suroboyo bus dan faktor waktu tunggu Suroboyo Bus yang tergolong cukup lama yaitu sekitar 20-30 menit. Selanjutnya setelah diketahui faktor apa saja yang termasuk prioritas utama untuk perbaikan, akan dilakukan analisis improvement dimana pada analisis improvement ini didapatkan solusi atau cara bagaimana melakukan perbaikan untuk faktor-faktor tersebut agar kinerja Suroboyo Bus bisa menjadi semakin baik dan penumpang semakin nyaman dalam menggunakan Suroboyo Bus untuk moda trasnportasi sehari-hari. Perbaikan yang dilakukan antara lain adalah membuat halte yang dilengkapi dengan atap dan tempat duduk sedangan untuk faktor waktu tunggu dilakukan perbaikan berupa pembuatan jadwal kedatangan Suroboyo Bus.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transportasi umum, Suroboyo Bus, Kepuasan penumpang, Analisa Kuadran, Validitas Realibilitas.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dyah Ayu Risnu Indahsari
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:11
Last Modified: 12 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65815

Actions (login required)

View Item View Item