Dzikron, Nur Ahmad (2019) Analisis Tegangan Haluan Kapal Akibat Tubrukan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04111540000051_Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tubrukan dan karam merupakan salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi pada kapal. Tubrukan kapal dapat mengancam kehidupan manusia, kesehatan lingkungan, dan kerugian investasi ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon struktur konstruksi haluan kapal akibat tubrukan berupa tegangan, energi yang diserap, serta deformasi dengan menggunakan Finite Element Method (FEM). Simulasi dilakukan dengan variasi kecepatan awal haluan 1 m/s, 2 m/s, dan 3 m/s selama waktu 0,05 detik. Haluan kapal mengalami deformasi total pada saat nilai tegangan melebihi yield strength dan mencapai ultimate strength, yaitu pada sekitar waktu 0,018 detik; 0,009 detik; dan 0,0056 untuk kecepatan awal 1 m/s; 2 m/s; dan 3 m/s. Internal Energy yang diserap oleh haluan kapal pada waktu 0,05 detik untuk kecepatan 1 m/s; 2 m/s; dan 3 m/ adalah 118,01 KJ; 672,39 KJ; dan 1501,3 KJ. Gaya maksimal yang dihasilkan pada waktu 0,05 detik untuk kecepatan awal 1 m/s adalah 10,597 MN dengan penetrasi yang terjadi adalah 39,574 mm. Untuk kecepatan awal 2 m/s, nilai gaya maksimal yang dihasilkan adalah 25,221 MN dengan penetrasi 86,998 mm. Kemudian untuk kecepatan awal 3 m/s, nilai gaya maksimal yang dihasilkan adalah 29,35 MN dengan penetrasi 134,42 mm. Nilai tegangan, internal energy, gaya, dan penetrasi yang dihasilkan selalu lebih besar apabila kecepatan awal semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strength, Ship Collision, Bow Crushing, FEM |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Nur Ahmad Dzikron |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:28 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/65833 |
Actions (login required)
View Item |