Renova, Reisa (2019) Perubahan Emisi Karbonmonoksida Dengan Peralihan Pengguna Moda Transportasi Pribadi Ke LRT-Trem Di Kota Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03211540000039_undergraduate_theses.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Surabaya merupakan kota yang memiliki penduduk terbanyak di Indonesia hal ini ditunjukan dengan jumlah penduduk Surabaya hingga tahun 2018 mencapai 2.885.555 penduduk. Hal ini berdampak pada jumlah kepadatan lalu lintas serta transportasi yang digunakan. hingga bulan Februari 2019 penduduk kota Surabaya yang memiliki kendaraan bermotor mencapai 2.917.704 kendaraan, dimana setiap emisi yang keluar dari kendaraan bermotor mengandung 71% karbonmonoksida yang di lepas ke udara. Oleh karena itu diperlunya inovasi untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi. Disamping itu pemerintah Surabaya sedang menggencarkan pembuatan LRT-Trem di Surabaya dimana masyarakat diharapkan mau berpindah ke LRT-Trem nantinya. Penelitian ini ditujukan untuk menentukan persentase minat pengguna kendaraan pribadi yang bersedia berpindah ke LRT-Trem yang selanjutnya dapat digunakan untuk menghitung perubahan emisi yang terjadi jika masyarakat pengguna kendaraan pribadi bersedia berpindah ke LRT-Trem. Penelitian ini dilakukan kepada 400 responden pengguna kendaraan pribadi di kota Surabaya dengan menggunakan metode random sampling dalam pengambilan data responden. Hasil survei minat pengguna di lakukan analisis faktor menggunakan aplikasi SPSS untuk menentukan faktor signifikan terkait minat pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah. Perhitungan emisi dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 12 tahun 2010. Hasil dari penelitian ini menunjukan sebanyak 58% pengguna kendaraan pribadi yang di survei bersedia pindah ke LRT-Trem dengan 61% diantaranya adalah pengguna sepeda motor serta 39% lainnya adalah pengguna mobil. Perubahan emisi karbonmonoksida yang tereduksi dari pemindahan pengguna kendaraan pribadi yang berminat menggunakan LRT-Trem sebesar 2.509.619,04 ton CO/tahun. Sedangkan reduksi emisi karena adanya keterbatasan kapasitas angkut LRT-Trem sebesar 229.522.89 ton CO/tahun Faktor yang terbentuk dari alasan pengguna kendaraan pribadi yang beminat pindah ke LRT-Trem sebanyak 5 kelompok faktor yaitu regulasi, kenyamanan, tempat parkir, Psikologi dan kemampuan finansial, serta Efisiensi. Faktor ini mampu menjelaskan sebanyak 55,520% mengapa pengguna kendaraan pribadi mau berpindah ke LRT-Trem . Variabel yang diajukan kepada masyarakat untuk menggunakanLRT-Trem ada 15 dimana terdapat 3 variabel yang paling signifikan yaitu kepastian jadwal, Kenyamanan, serta terdapatnya AC. =================================================================================================================================
Surabaya is the city that has the most population in Indonesia, this is indicated by the population of Surabaya until 2018 reaching 2,885,555 residents. This phenomena has an impact on the amount of traffic density and transportation used. Until February 2019, residents of Surabaya city which owned motorized vehicles reached 2,917,704 vehicles, where every emission emitted from motorized vehicles contained 71% of carbon monoxide released into the air. Therefore innovation is needed to reduce the use of private motorized vehicles. Besides that, the Surabaya government is intensifying the making of LRT-trams in Surabaya where the community is expected to move to LRT-trams later, This research is intended to determine the percentage of private vehicle users who are willing to move to LRT-trams which can be used to calculate reduced emission changes happens if the community of private vehicle users is willing to use LRT-trams. This research was conducted on 400 respondents of private vehicle users by using random sampling method in collecting respondents' data. The results of the survey of user interest were carried out by factor analysis using the SPSS application to determine the significant factors related to the interest of private vehicle users to move. Calculation of emissions is carried out based on Regulation of the Minister of Environment No. 12 of 2010, The results of this study show that 58% of private vehicle users are willing to move to LRT-tram with 61% of them are motorcycle users and 39% are car users. Changes in reduced carbon monoxide emissions from uses LRT-Trem amounted to 2.509.619,04 ton CO/year while change in reduce carbon monoxide because of limited capacity of LRT-Trem is amounted to 229.522,89 ton CO/ year .Factors formed from the reason that private vehicle users moved to the LRT-tram by 5 groups factors are regulation, convenience, parking space, Psychology and financial capability, and Efficiency. This factor can explain as much as 55.520% why private vehicle users want to move to the LRT-tram. Variable that submitted to the volunteer are 15 where 3 of the variabel are significant there is schedule, confort and air conditioner.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSL 628.53 Ren p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | CO, Light Rapid Transit, Analisis Faktor, SPSS , Kendaraan Pribadi |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc. T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL229.D5 Diesel automobiles |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Reisa Renova |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 05:59 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 05:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/66240 |
Actions (login required)
View Item |