Prediksi Perubahan Tutupan Lahan Pasca Beroperasinya Jalan Lingkar Timur Sidoarjo Menggunakan Regresi Logistik Biner (Studi Kasus: Kecamatan Buduran)

Iqlima, Happy Nur (2019) Prediksi Perubahan Tutupan Lahan Pasca Beroperasinya Jalan Lingkar Timur Sidoarjo Menggunakan Regresi Logistik Biner (Studi Kasus: Kecamatan Buduran). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211540000097-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211540000097-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adanya penambahan infrastruktur, terutama jaringan transportasi, pada suatu wilayah dapat menambah tingkat aksesibilitas yang terjadi di dalam wilayah tersebut. Peningkatan aksesibilitas dapat menyebabkan tumbuh dan berkembangnya suatu wilayah yang salah satunya dapat dilihat dengan adanya perubahan tutupan lahan pada wilayah tersebut. Jalan Lingkar Timur Sidoarjo merupakan salah satu jaringan transportasi yang ikut berperan dalam perubahan tutupan lahan pada enam desa di Kecamatan Buduran yang dilewatinya. Adanya perubahan atau tidak dari non terbangun menjadi terbangun direpresentasikan dalam angka biner yaitu 1 dan 0. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi probabilitas perubahan tutupan lahan di Kecamatan Buduran pasca beroperasinya Jalan Lingkar Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik stratified random sampling dengan penentuan sampel menggunakan Rumus Slovin, reduksi variabel menggunakan KMO-Bartlett’s Test dan Anti Image Mattrices pada SPSS, regresi logistik biner menggunakan SPSS, serta penghitungan akurasi dan validasi model matematis menggunakan Root Mean Square Error dan pengambilan keputusan skenario menggunakan Confusion Matrix. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa lahan non terbangun pada wilayah penelitian yeng berpotensi untuk berubah seluas 41,15 km2, sedangkan yang tidak memiliki potensi berubah seluas 51,59 km2. ====================================================================================================================================
The addition of infrastructure, especially transportation networks, in an area can increase the level of accessibility that occurs within the region. Increased accessibility can lead to the growth and development of an area, one of which can be seen by the changes in land cover in the region. The East Ring Road of Sidoarjo is one of the transportation networks that have a role in changing the land cover in six villages in the Buduran Sub-district which it passes. The change or not from non-built to be built is represented in binary numbers, namely 1 and 0. This study aims to predict the probability of land cover change in Buduran Sub-District after the operation of the East Ring Road. The method used in this research is stratified random sampling technique with sample determination using Slovin formula, variable reduction using KMO-Bartlett's Test and Anti Image Matrices on SPSS, binary logistic regression using SPSS, and calculating accuracy and validating mathematical models using Root Mean Square Error and decision-making scenarios using Confusion Matrix. The results of this study found that non-built land in the study area had the potential to change in the area of 41.15 km2, while those that did not have the potential to change were 51.59 km2.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPW 333.731 8 Tha p-1
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Regresi Logistik Biner, Tutupan Lahan
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Happy Nur Iqlima
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:06
Last Modified: 15 Apr 2025 07:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67052

Actions (login required)

View Item View Item