Analisis Kekuatan Konstruksi Alas Kapal Akibat Grounding

Permana, Iqbal (2019) Analisis Kekuatan Konstruksi Alas Kapal Akibat Grounding. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000010_Iqbal Permana.pdf]
Preview
Text
04111540000010_Iqbal Permana.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 04111540000010_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111540000010_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jumlah kecelakaan kapal di dunia, sejak tahun 2007 hingga tahun 2016, sebanyak 1186 kasus dengan 249 kasus berada di Lautan China, Indonesia, dan Phillipines. Dari semua kasus kecelakaan yang terjadi, kecelakaan yang terjadi akibat karam sebanyak 598 kasus dan akibat grounding sebanyak 244 kasus. Grounding merupakan salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi pada kapal. Oleh karena itu penelitian ini akan menganalisis tegangan yang diterima konstruksi alas kapal akibat grounding. Analisis dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan studi kasus konstruksi alas kapal tanker 17500 tonnes deadweight. Pemodelan dilakukan dengan software Finite Element Method (FEM). Hasil yang didapatkan berupa nilai tegangan von mises dan deformasi. Simulasi dilakukan dengan 3 skenario yaitu saat karang menabrak solid floor, open floor, dan watertight floor. Lokasi tempat karang mengenai konstruksi alas saat terjadinya grounding memengaruhi besar tegangan yang dihasilkan. Maka respon setiap komponen utama konstruksi alas akan berbeda. Besar tegangan maksimum dan deformasi maksimum global, bottom plate, side girder, transverse construction pada waktu 0,02 detik untuk skenario 1; skenario 2; dan skenario 3 adalah 1050 MPa; 965 MPa; dan 645 MPa, 62,1 MPa; 696 MPa; dan 94,4 MPa, 268 MPa; 366 MPa; dan 337 Mpa, 1050 MPa; 965 MPa; dan 645 Mpa dan 16,2 mm; 15,3 mm; dan 13,5 mm, 9 mm; 11,7 mm; dan 13,3 mm, 7 mm; 9,15 mm dan 6,98 mm, 16,2 mm; 15,3 mm dan 11,6 mm. Konstruksi alas kapal tidak mampu menerima beban akibat grounding dikarenakan tegangan yang dihasilkan pada respon konstruksi alas melebihi ultimate tensile strength.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: FEM, ship grounding, ship bottom crushing
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Iqbal Permana
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:50
Last Modified: 25 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67186

Actions (login required)

View Item View Item