Putri, Tiar Anindya (2019) Optimisasi Proses Bisnis Pada Industri Telekomunikasi Retail Menggunakan Model Simulasi Sistem Dinamik : Sebuah Perspektif Teoritis-Kontrol. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211750054005-Master_Thesis.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pelanggan dan proses bisnis perusahaan memiliki peran penting dalam keberadaan perusahaan. Jika perusahaan tidak mengetahui pelanggannya dan proses bisnisnya, maka perusahaan akan sulit untuk mendapatkan pelanggan baru. Perusahaan perlu membentuk suatu strategi dalam menarik pelanggan, salah satunya adalah dengan mengelola pemenuhan kebutuhan pemasangan baru untuk pelanggan baru dengan baik. Dengan menggunakan metodologi pemodelan dinamika sistem (SD), yang merupakan metodologi pemodelan simulasi deterministik kontinu, penelitian ini menerapkan konsep teori kontrol untuk mengembangkan fungsi obyektif yang mengoptimalkan produktivitas proses bisnis pemasangan baru usaha produk ritel pada industri telekomunikasi. Proses pemenuhan permintaan yang tepat akan didapatkan melalui simulasi dalam skenario yang berbeda yang dikhususkan pada area pemasangan area retail untuk produk pada suatu perusahaan telekomunikasi yaitu pemasangan pada rumah atau perumahan, toko dan usaha non-korporat. Diagram kausal dibuat untuk menggambarkan proses bisnis pasang baru produk retail perusahaan jasa telekomunikasi yang optimal dengan mempertimbangkan faktor endogen dalam kemampuan perusahaan dan faktor eksogen diluar kemampuan pemenuhan perusahaan. Setelah dilakukan perhitungan dan pengamatan, didapatkan hasil bahwa proses yang sering menjadi penghambat bukanlah dalam inventaris. Namun terdapat masalah dalam waktu pengerjaan yang dilakukan oleh teknisi sehingga sedikit dari teknisi yang dapat menyelesaikan target pekerjaan dalam waktu yang tepat. Sehingga usulan yang dilakukan bukan perencanaan proses bisnis baru, namun kebijakan. Kebijakan ini dilakukan dengan memberikan bonus guna meningkatkan produktivitas dan semangat pekerja.
=================================================================================================================================
Customers and company business processes have an important role in the existence of the company. If the company does not know its customers and business processes, the company will find it difficult to get new customers. Companies need to form a strategy in attracting customers, one of which is to manage the fulfillment of new installation needs for new customers properly. By using a system dynamics modeling methodology (SD), which is a continuous deterministic simulation modeling methodology, this study applies the concept of control theory to develop objective functions that optimize the productivity of business processes for the installation of retail products in the telecommunications industry. The process of fulfilling the right request will be obtained through simulations in different scenarios that are specific to the retail area installation area for products in a telecommunications company, namely installation in homes or housing, shops and non-corporate businesses. Causal diagrams are made to describe the new business processes of retail products that are optimal telecommunications services companies by considering endogenous factors in the ability of the company and exogenous factors beyond the ability to fulfill the company. After calculations and observations, the results show that the process that often becomes an obstacle is not in inventory. However, there are problems in the workmanship carried out by the technician so that few of the technicians can complete the work target in the right time. So that the proposals made are not planning new business processes, but policies. This policy is carried out by giving bonuses to increase productivity and enthusiasm of workers.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTMT 650 Put o-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Proses Bisnis, Model Simulasi, Sistem Dinamis, Optimisasi, Teori Kontrol. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Tiar Anindya Putri |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:42 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:42 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67212 |
Actions (login required)
View Item |