Studi Implementasi Model House of Risk untuk Mendukung Ketepatan Waktu Pekerjaan Reparasi Kapal

Kusuma Yuda, Aditya (2019) Studi Implementasi Model House of Risk untuk Mendukung Ketepatan Waktu Pekerjaan Reparasi Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111440000028-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111440000028-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas lautan yang sangat besar, sehingga menjadikan kapal sebuah transportasi yang digunakan dalam penyebrangan antar pulau dan menjadi pilihan utama dalam pengiriman dalam jumlah yang sangat besar. Banyaknya transportasi kapal yang berlayar dilautan Indonesia harus didukung dengan proses reparasi untuk kapal agar tetap menjaga kehandalannya dalam berlayar, tetapi dari pekerjaan reparasi kapal yang sudah dilakukan masih banyak ditemui keterlambatan dari proses pekerjaan. Keterlambatan tadi tidak hanya merugikan pihak galangan saja tetapi juga pihak owner. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mencari faktor-faktor penyebab dari keterlambatan di Galangan X dan melakukan proses identifikasi pencegahan yang bisa dilakukan agar proses pekerjaan reparasi tersebut tidak lagi mengalami keterlambatan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan model House of Risk, dengan melakukan dua kali proses yaitu HOR 1 guna mencari risk agent apa yang menjadi prioritas keterlambatan, dan yang kedua melakukan HOR fase 2 untuk mengidentifikasi tindakan pencegahan apa yang paling efektif untuk bias dilakukan sehingga keterlambatan tadi dapat teratasi. Dari pemodelan yang telah dilakukan dari model HOR fase 1 adalah keterlambatan disebabkan oleh dengan dua penyebab keterlambatan tertinggi dari 29 risk agent yang sudah diidentifikasi yaitu “Pemesanan material tertahan di pelabuhan” dengan nilai ARP (Aggregate Risk Priority) 135 dan “Galangan memberi kemakluman terhadap owner sehingga terbiasa telat dalam melakukan pembayaran” dengan nilai ARP 108, sehingga didapatkan dari identifkasi HOR fase 2 tindakan pencegahan yang paling efektif dilakukan dari model House of Risk yaitu “Mempercepat pengurusan dokumen impor komponen” dengan nilai ETDk ( Effectiveness to difficulty ratio of action k ) sebesar 303 dan “Meningkatkan kemampuan dan kepastian membayar perusahaan) dengan nilai ETDk sebesar 243.
===============================================================================================================================
Indonesia is an archipelago with a vast ocean area, making the ship a transportation that is used in inter-island crossing and is the main choice in shipping in very large quantities. The large number of ships transporting in the Indonesian sea must be supported by a repair process for ships to maintain their reliability in sailing. but from the ship repair work that has been done there are still many delays from the work process. The delay was not only detrimental to the shipyard but also the owner. The purpose of this study is to find out the causes of the delay in Shipyard X and to carry out a process of identifying prevention that can be done so that the repair work process will no longer experience delays. The method used in this study is using the House of Risk model, by conducting two processes, namely HOR 1 to find out what risk agents are the priority of delays, and the second performs phase 2 HOR to identify what are the most effective preventive measures to be carried out so that the delay can be overcome. From the modeling that has been done which is found from the phase 1 HOR model that is caused by the two causes of the highest delay of the 29 risk agents that have been identified namely "Ordering material held in port" with the value of ARP (Aggregate Risk Priority) 135 and "Shipyard giving the owner is accustomed to late in doing the service "with ARP 108 value, so that obtained from the Phase 2 HOR identification the most effective precautionary measure is carried out from the House of Risk model," Speeding up the processing of import documents "with ETDk (Effectiveness to difficulty ratio of action k ) amounting to 303 and "Increasing the ability and certainty of paying the company) with ETDk value of 243.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keterlambatan, reparasi kapal, model house of risk, manajemen risiko
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yuda Aditya Kusuma
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:28
Last Modified: 25 Jul 2024 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67471

Actions (login required)

View Item View Item