Desain Ulang Struktur Gedung Office Tower Capital Square Surabaya Menggunakan Metode Beton Pracetak dan Sistem Ganda

Taufik, Muhammad (2019) Desain Ulang Struktur Gedung Office Tower Capital Square Surabaya Menggunakan Metode Beton Pracetak dan Sistem Ganda. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000128-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000128-Undergraduate_Theses.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan tugas akhir ini akan dilakukan perencanaan struktur gedung office tower Capital Square Surabaya dengan menggunakan beton pracetak.Metode pracetak memiliki konstruksi yang lebih cepat dan kualitas yang lebih baik daripada beton konvensional. Oleh karena itu, metode pracetak ini dapat direkomendasikan untuk konstruksi gedung office tower Capital Square Surabaya dengan pertimbangan konstruksi dengan metode pracetak memiliki konstruksi yang lebih cepat dan efisien. Adapun hasil dari penulisan tugas akhir ini yaitu untuk mengevaluasi perilaku struktur pada pelaksanaan bertahap dengan menggunakan beton pracetak dengan sambungan basah agar mendekati perilaku monolit.Gedung ini dirancang menggunakan sistem ganda dengan rangka pemikul momen menengah yang mana 25 persen gaya gempa akan dipikul oleh rangka dan 75 persen gaya gempa dipikul oleh dinding geser. Perencanaan gedung office tower Capital Square Surabaya dengan metode pracetak akan diharapkan mampu menahan gaya-gaya yang ada dengan waktu yang lebih cepat daripada beton konvensional dan sebagai hasil akhirnya akan diwujudkan dalam bentuk gambar perencanaan. Hasil dari desain ulang Gedung office tower Capital Square Surabaya ini meliputi ukuran balok induk 60/85 dan 45/70, ukuran balok anak 45/65 dan 30/45, ukuran kolom 130/130, dan dinding geser dengan ketebalan 40 cm. Sambungan antar elemen pracetak menggunakan sambungan basah, beam ledges dan konsol pendek. =============================================================================================================================
In this final project, structure of office tower Capital Square Surabaya will be designed with precast method.Precast method has faster time construction and better quality than conventional method.Therefore, precast method can be recommended for construction of office tower Capital Square Surabaya with the consideration of faster time construction and more efficient construction. The result of this assignment are to evaluate behavior of structure in construction by using precast method with wet joint to approach monolithic behavior.This building will be built by using dual system with intermediate moment bearer frame where 25 percent of earthquake force will be carried by the frame and 75 percent of earthquake force will be carried by shear wall. Design of office tower Capital Square Surabaya with precast method is expected to be able to withstand load at a faster time than conventional method and the result of designing will be realized in planning drawings. Results from redesigning office tower Capital Square Surabaya include primary beam size 60/85 and 45/70, secondary beam size 45/65 and 30/45, column size 130/130 and shear wall with a thickness of 40 cm.Connection between precast element use wet connection, beam ledges and short consoles.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desain ulang, Beton Pracetak, Sistem Ganda
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Muhammad Taufik
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:32
Last Modified: 12 Jul 2024 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67932

Actions (login required)

View Item View Item