Firdausyi, Adilat Ahmad (2019) Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Jalan Alternatif Pengurai Kemacetan Ruas Jalan Kertosono-Baro Kabupaten Nganjuk. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111745000048_Undergraduate_Theses.pdf Download (47MB) | Preview |
Abstract
Jawa Timur merupakan provinsi yang besar di Indonesia dengan kemajuan perekonomiannya. Sehingga volume lalu lintas pada jalan yang ada baik pada jalan perkotaan, jalan provinsi maupun jalan nasional cukup tinggi. Ruas Baron sampai dengan Kertosono Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu ruas dengan potensi kemacetan yang tinggi di Jawa Jimur. Kemacetan tersebut jerjadi pada perlintasan sebidang rel, pendekat jembatan, simpang dan persimpangan yang disertai perlintasan sebidang rel pada daerah Mengkreng. Maka dari itu perencanaan jalan alternatif pada Ruas Baron sampai dengan Kertosono Kabupaten Nganjuk ini perlu dilakukan.
Trase jalan alternatif dipilih dari 3 alternatif trase menggunakan analisis multi kriteria yang menghasilkan trase terpilih sepanjang 17,642 km. Perencanaan geometrik jalan tersebut menggunakan standar Tata Cara Perencanaan Geometik Jalan Antar Kota (TPGJAK) tahun 1997 dengan kecepatan rencana 70 km/jam memiliki PI sebanyak 19 titik, dengan volume galian 546814.06m³ dan volume timbunan 83365.05m³. Sedangkan perencanaan perkerasan jalan berdasarkan standar Manual Desain Perkerasan Jalan tahun 2017 (MDP 2017) dengan umur rencana 20 tahun menghasilkan tebal AC WC 5cm, AC BC 6cm, AC Base 22cm, lapis CTB 15cm, lapis fondasi agregat 15cm dan tebal minimum perbaikan tanah untuk CBR 3,5 30cm. Terdapat 3 titik perlintasan dengan rel pada jalan laternatif, untuk menghindari masalah pada perlintasan sebidang rel, jalan alternatif menggunakan perlintasan tidak sebidang dengan 2 underpass dan 1 fly over. Pertemuan jalan alternatif rencana dengan jalan nasional dibuat simpang bersinyal. Persimpangan yang dipilih adalah pertemuan jalan alternatif dengan ruas jalan nasional ke arah Kediri. Simpang bersinyal tersebut memiliki DS terbesar 0,76 dengan panjang antrian terpanjang126 meter dan tundaan rata rata simpang adalah 37,2 detik.
===============================================================================================================================
East Java is a large province in Indonesia with its economic progress. So that the traffic volume on existing roads both on urban roads, provincial roads and national roads is quite high. Baron to Kertosono Section in Nganjuk Regency is one of the segments with high potential for traffic jam in East Java. The traffic jam occurs at railroad crossings, bridge approaches, intersections and intersections accompanied by railroad crossing in Mengkreng area. Therefore, the planning of alternative roads in the Baron Section up to Kertosono Nganjuk Regency needs to be done.
Alternative road trase was chosen from 3 alternative trases using multi criteria analysis which resulted in a selected tract of 17,642 km, with cut volume 546814,06m³ and fill volume 83365.05m³. The road geometric design uses Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK) 1997 with design speed 70 km/h having 19 PI points. Whereas road pavement design is based on the Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 (MDP 2017) with a design life of 20 years with pavement thick AC WC 5cm, 6cm AC BC, 22cm AC Base, 15cm CTB layer, 15cm aggregate foundation layer and minimum soil improvement for CBR 3.5 30cm. There are 3 crossing points with rails on the alternative road, in order to avoid problems with railroad crossings, the alternative road uses 2 underpasses and 1 fly over. Alternate road planning intersection with national roads are signaled intersections. The selected intersection is an alternative road with the national road segment to Kediri. The signalized intersection has the largest DS 0.76 with a queue length of 126 meters and the average intersection delay is 37.2 seconds.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.76 Fir p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Jalan alternatif, Analisis Multi Kriteria, geometrik Jalan, perkerasan jalan, perlintasan tidak sebidang, simpang bersinyal. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Firdausyi Adilat Ahmad |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:24 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:24 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/68147 |
Actions (login required)
View Item |