Perancangan Sistem Logistik Komoditas Telur Ayam Ras : Studi Kasus Indonesia Timur

Tejosaputro, Klemens (2019) Perancangan Sistem Logistik Komoditas Telur Ayam Ras : Studi Kasus Indonesia Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411540000042_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411540000042_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem logistik telur ayam ras di Indonesia Timur masih belum optimal karena masih adanya disparitas harga komoditi ini dengan Pulau Jawa. Prosentase selisih harga telur antara kedua kawasan tersebut rata-rata sebesar 155%, yang disebabkan karena ketidaktepatan pemilihan moda transportasi laut, penjadwalan pengiriman, dan lokasi produksi telur berada di beberapa tempat yang berjauhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi produksi telur ayam ras di Provinsi Jawa Timur dan memilih moda transportasi laut yang optimal untuk melakukan pengiriman telur ayam ras ke Indonesia bagian timur. Metode optimasi dipilih untuk mendapatkan biaya pengiriman minimal sebagai kriteria utama dengan memperhatikan pola operasi kapal. Hasil optimasi menunjukan bahwa telur dipasok berturut-turut, dengan memperhatikan biaya trucking, adalah dari Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Tulungagung serta dengan menggunakan kapal peti kemas dengan kombinasi pengiriman full container load dan less container load. Pengiriman telur menuju Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua berturut-turut memerlukan biaya satuan sebesar Rp 4.275/Kg, Rp 4.737/Kg, 4.992/Kg, Rp7.764/Kg atau turun berturut-turut sebesar 38,5%, 40,1%, 39,8%, dan 8,9% dari biaya

Kata Kunci: Sistem Logistik, Lokasi Produksi Telur Ayam Ras, Moda Transportasi Laut, Pola Operasi, Trucking, Minimum Cost, Full Container Load, Less Then Container Load.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Logistik, Lokasi Produksi Telur Ayam Ras, Moda Transportasi Laut, Pola Operasi, Trucking, Minimum Cost, Full Container Load, Less Then Container Load.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: tejosaputro Klemens kenni
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:12
Last Modified: 04 Jul 2024 04:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68189

Actions (login required)

View Item View Item