Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Segmen Paiton - Panarukan dengan Menggunakan Rigid Pavement

Danuarto, Giri (2019) Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Segmen Paiton - Panarukan dengan Menggunakan Rigid Pavement. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000008-Undergraduate_Theses.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Segmen Paiton Panarukan merupakan salah satu prasarana penghubung darat yang mempunyai peranan penting. Pertumbuhan penduduk yang setiap tahunnya meningkat, berakibat kegiatan masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhannya juga semakin meningkat, maka jalan mempunyai peranan penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai sarana pembangunan perekonomian maupun sosial yang lebih baik. Perencanaan jalan tol ini menggunakan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement) dengan pertimbangan umur rencana yang lebih panjang. Analisa yang dilakukan pada perencanaan jalan ini adalah analisa geometrik jalan dengan menggunakan AASHTO (2011) dan Geometrik Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol (2009), perhitungan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan (2017), dan perencanaan anggaran biaya menggunakan buku petunjuk teknis Harga Satuan Pokok Provinsi Jawa Timur (2019). Hasil analisa dan perhitungan geometrik jalan didapatkan bahwa jalan direncanakan memiliki kecepatan rencana sebesar 100 km/jam dengan nilai jari jari tikungan terkecil sebesar 600 m dan terbesar sebesar 1350m. Jenis tikungan direncanakan menggunakan S-C-S karena desain memilik nilai superelevasi diatas 3% dan Lc > 25m. Sedangkan untuk hasil analisa lengkung vertikal didapatkan gradien atau kelandaian medan jalan terkecil sebesar 0.5% dan terbesar 3.58%. Hasil analisa kebutuhan perkerasan jalan didapatkan bahwa jalan memiliki umur rencana selama 40 tahun (2020 -2060) dengan besaran tebal pelat beton 305 mm; tebal lmc 100 m, tebal lapis drainase 150 mm, dan tebal stabilisasi semen 300 mm. Jenis perkerasan yang digunakan adalah Beton Menerus Tanpa Tulangan dengan diameter tie bars 19 mm; panjang batang pengikat 803 mm; dan jarak antar tie bars 750 mm sedangkan dowel memilki diameter 38 mm; panjang batang pengikat 450 mm; dan jarak antar dowel 300 mm. Hasil analisa volume didapatkan total biaya material sebesar IDR 2,702,992,460,202 (dua triliun tujuh ratus dua milyar sembilan ratus sembilan puluh sembilan dua juta empat ratus enam puluh dua ribu dua ratus dua rupiah)
===============================================================================================================================
Probolinggo – Banyuwangi Toll Road Section Paiton – Panarukan is one of the infrastructure connector that has an important role. Population is growth every single year, resulting in people activities in terms of needs are also increase, by that condition the toll road has an important role to meed the needs of the people as a means of better social and economic development.
Toll road design using rigid pavement because of its long plan life. The geometrics analysis is design based on American Association of State Highways and Transportation Officials (AASHTO, 2011) and Geometrik Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol, 2009. Rigid pavement analysys is design based on Manual Dessign Perkerasan Jalan, 2017, and cost budget is design based on Harga Satuan Pokok Provinsi Jawa Timur 2018.
Design result by geometrics analysis show that the road has planned by 100 km/h speed design with many kinds of radii starting 600 m for the smallest and 1.350 m for the largest. The type of the curve is design using Spiral – Circle – Spiral because of the superelevaton value is more than 3% and circular length more than 25 m. Whereas the vertical curve analysis shows the different between the slope has 0.5% value for the smallest and 3.58% for the largest. And also the pavement analysis shows that the road has 40 years planning lifespan (2020-2060) with 305 mm concrete surface, 100 mm lean concrete, 150 mm drainage layer, and also 300 mm of cement stabilization thickness. The pavement is design using Jointed Plained Concrete Pavement with 19 mm tie bar diameter; 803 mm length of binding; and the distance in between is 750 mm and also 38 mm dowel diameter; 400 mm length of binding; and the distance in between is 450 mm. And then, the cost budget analysis shows that is obtained IDR 2,702,992,460,202 (two trillion and seven hundred and two billion ninety hundred and ninety two million and fourty hundred and sixty thousand and two hundred and two rupiah).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 625.7 Dan p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Geometrik Jalan, Perkerasan Kaku, Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Danuarto Giri
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:17
Last Modified: 09 Jul 2024 02:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68260

Actions (login required)

View Item View Item