Perancangan Kampanye tentang Body Image untuk Remaja Usia 15 - 18 Tahun

Maulidya, Astried (2019) Perancangan Kampanye tentang Body Image untuk Remaja Usia 15 - 18 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000115-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08311540000115-Undergraduate_Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Body Image adalah gambaran mental individu terhadap bentuk dan ukuran fisiknya. Bagaimana memberikan penilaian atas apa yang dia pikirkan dan rasakan terhadap tubuhnya, dan atas bagaimana penilaian orang lain terhadap dirinya. Terdapat dua kategori dari Citra Tubuh, yaitu positif dan negatif. Masa remaja adalah masa yang paling krusial dalam pembentukan Body Image, terutama pada remaja perempuan. Perempuan pada kelompok usia tersebut sedang dalam fase pubertas, sehingga terjadi perubahan signifikan pada fisik mereka. Perubahan tersebut dapat memicu ketidakpuasan mereka terhadap bentuk tubuh yang dimiliki, sehingga membuat remaja putri lebih rentan dalam memiliki Body Image yang negatif. Maka dari itu dirancanglah kampanye yang disampaikan melalui media sosial. Perancangan kampanye ini adalah untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara mengahadapi Body Image yang negatif dan menciptakan kesadaran terhadap target audiens bahwa dengan memiliki Body Image yang positif dapat berdampak baik ke diri sendiri.
Perancangan ini dijalankan dengan melakukan beberapa metode penelitian. Metode penelitian yang dipakai oleh penulis antara lain metode kuantitatif berupa kuisioner serta metode kualitatif berupa In-depth interview dengan Ketua Unit Pelayanan Psikologi Universitas Airlangga, interview dengan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah, Focus Group Discussion dengan beberapa siswi SMA di Surabaya, observasi, studi eksisting dan studi literatur mengenai Body Image. Data yang didapatkan dalam riset lalu digunakan untuk menentukan konsep serta konten dari kampanye sosial yang akan dirancang.
Kemudian seluruh hasil analisa tersebut digunakan dalam merancang kampanye tentang Body Image dengan konsep “Seek And See”. Konsep ini dieksekusi dengan gaya komunikasi rasional dan emosional. Selain menggunakan itu, kampanye ini juga menggunakan kombinasi antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kampanye ini merupakan kampanye yang terintegrasi menggunakan media sosial seperti Instagram dan Youtube serta beberapa media pendukung lainnya seperti print ads, ambient media dan merchandise. Kampanye ini diharapkan dapat dapat memberikan pemahaman tentang apa itu Body Image dan betapa pentingnya untuk memiliki Body Image yang positif untuk remaja usia 15 – 18 tahun.
====================================================================================================================
Body Image is a person mental conception towards shape and size of their physical appearance. How they give judgement of what they think and feel of their body, and of how people judge them. There are two category of body image, positive and negative body image. Adolescent is an important period for the development of Body Image, especially for girls. Girls at that group of age are facing puberty, where there happened to be significant change in their physical appearance. Those changes can result in body dissatisfaction, that is the reason why girls are prone to have negative body image. So a campaign that delivered through social media is made. This Campaign is designed to give information of how to deal with negative Body Image, and to create awareness among the targeted audience the great impact of having positive Body Image.
The making of the social media campaign will be using several research methods. The research methods that the writes will use is quantitative methods like questionnaire and also qualitative meyhods like doing interview with Psychology Service Unit of Universitas Airlangga Leader, interview with Psychology Faculty Lecturer of Universitas Hang Tuah, focus group discussion with several student of SMA in Surabaya, observation, doing exsisting study and also doing literature study about Body Image . The data that the writer received from the research then will be used to decide the right concept and the right content for the social media campaign.
Then all the result of analysis are used in designing the Body Image campaign with the concept of “Seek And See”. This concept was executed with rational and emotional communication style. Apart from using that style, this campaign is also using a combination of Indonesian language and English language. This campaign is an integrated campaign using social media such as Instagram and Youtube and other supporting media like print ads, ambient media, and merchandise. This campaign is expected to be able to give understanding about what Body Image is and how important it is to have positive Body Image for teenagers age 15 – 18 years old.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Sosial Media, Body Image, Percaya Diri, Remaja Usia 15-18 Tahun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Astried Maulidya
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:33
Last Modified: 05 Jul 2024 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68693

Actions (login required)

View Item View Item