Manajemen Risiko Pada Perlintasan Kereta Api Sebidang Rute Surabaya (Stasiun Gubeng) - Sidoarjo (Stasiun Sidoarjo) PT. KAI Daop 8 Surabaya

Mufida, Lailatul (2019) Manajemen Risiko Pada Perlintasan Kereta Api Sebidang Rute Surabaya (Stasiun Gubeng) - Sidoarjo (Stasiun Sidoarjo) PT. KAI Daop 8 Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311745000003-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
02311745000003-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada bidang transportasi kereta api memungkinkan timbulnya berbagai jenis risiko kecelakaan khususnya pada perlintasan sebidang, yaitu pertemuan antara jalan dengan perlintasan kereta api. Rute Surabaya (Stasiun Gubeng)-Stasiun Sidoarjo (Sidoarjo) memiliki 42 titik perlintasan sebidang untuk dilalui kereta lokal. Sehingga diperlukan adanya manjemen risiko pada perlintasan sebidang rute Stasiun Gubeng (Surabaya) sampai Stasiun Sidoarjo (Sidoarjo) meliputi identifikasi risiko, penilaian risiko dan rekomendasi langkah pencegahan bahaya. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, faktor penyebab karena human error sebesar 91% dan masalah teknis sebesar 9%. Dimana aktor yang berperan paling besar adalah pengemudi kendaraan roda 2 dan pejalan kaki sebesar 41%. Untuk penilaian risiko menggunakan risk matrix, dimana memiliki tingkat risiko tinggi dengan nilai skor 8-9 pada keselamatan (human), kerugian material, operasional adalah wilayah zona I. Selain itu dilakukan prediksi (forecasting) meliputi 3 hal yaitu prediksi jumlah kecelakaan, jumlah korban dan kerugian material (jumlah korban, material) menggunakan metode auto regresi/linier dan majemuk. Rekomendasi terkini dengan cara memberikan peringatan suara pemberitahuan ketika kereta api akan melintas melalui speaker (pengeras suara), pemasangan Early Warning System (EWS) penutup palang pintu otomatis pada perlintasan sebidang yang tidak dijaga, memberikan tanda zebra cross khusus untuk pengguna kendaraan bermotor untuk berhenti ketika palang pintu perlintasan kereta api tertutup, menambahkan closed circuit television (cctv) yang dapat dipantau pada pos penjagaan palang pintu sebagai sensor tambahan ketika kereta akan melintas. Selain itu, pemberian tunjangan/intensive gaji kepada operator penjaga palang pintu.
==============================================================================================================================
In the field of railroad transportation, various types of special accidents arise at the level crossing, which are the meeting between roads with railroad crossings. Surabaya Route (Gubeng Station) - Sidoarjo Station (Sidoarjo) has 42 level crossings for local trains. Because the need for risk management at the level crossing of the Gubeng (Surabaya) Station route to Sidoarjo Station (Sidoarjo). Based on the results of the analysis obtained, the causal factor is due to human error of 91% and technical problems of 9%. Where the biggest actor is the driver of 2-wheeled vehicles and pedestrians by 41%. To assess the risk using a risk matrix, which has a high risk level with a score of 8-9 on safety (human), material loss, operational is a zone I area. In addition, predictions (forecasting) are added 3 things, which are the prediction of the number of risks, the number victims and material losses (number of victims, material) using autoregression/linear and compound methods. Voting recommendations for train compilations will pass through speakers (loudspeakers), installation of Early Warning Systems (EWS) automatic doorstop closures at unattended level crossings, providing cross zebra marks specifically for users of vehicles that can be moved with the help of a doorstop closed railroad crossings, adding cctv that can be monitored on the doorstop guard post as an additional sensor compilation of trains will pass. In addition, the provision of allowances / intensive to doorstop guard operators.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perlintasan Sebidang, Rute Surabaya-Sidoarjo, Manajemen Risiko, Prediksi (forecasting)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lailatul Mufida
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:51
Last Modified: 17 Oct 2024 03:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68816

Actions (login required)

View Item View Item