Optimisasi Desain Kapal Penangkap Ikan Tipe Purse Seine untuk Jalur Pelayaran Juwana - WPP 718 Sesuai Kearifan Lokal

Prasetyo, Bayu (2019) Optimisasi Desain Kapal Penangkap Ikan Tipe Purse Seine untuk Jalur Pelayaran Juwana - WPP 718 Sesuai Kearifan Lokal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111040000087-Undergraduate Theses.pdf]
Preview
Text
04111040000087-Undergraduate Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kapal penangkap ikan yang digunakan nelayan Juwana beroperasi sampai ke WPP 718. Dengan biaya pembuatan besar, kapal yang digunakan nelayan Juwana masih dibuat menggunakan cara tradisional. Biaya operasional yang harus dikeluarkan juga besar. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh nelayan Juwana sebenarnya bisa dimaksimalkan. Dalam kasus ini, penulis mencoba melakukan optimasi keuntungan dengan merubah besarnya GT kapal dengan meninjau pola hasil pelayaran dari kapal-kapal sebelumnya. Dari 4 kapal yang digunakan sebagai acuan optimasi, maka diketahui besarnya GT yang optimal adalah 159,284 GT. Untuk keuntungan yang bisa didapatkan adalah sebesar 9,865 miliar rupiah per tahun. Untuk ukuran utama kapal yang dibuat adalah; Panjang 24,85 m; Lebar 8,5 m; Sarat 2,3 m; dan tinggi 3,125 m. Displacement kapal sebesar 327,1 ton dengan kapasitas ruang muat sebesar 233,28 ton. Hambatan total yang terjadi pada kecepatan 7 knot adalah sebesar 11,4 kN. Untuk stabilitas kapal, kapal memenuhi kriteria IMO A.749 (18) code on intact stability.
===============================================================================================================================
The fishing vessel used by Juwana Fisherman is operated up to WPP 718. With large manufacturing cost, the vessel used by Juwana Fisherman are still made using traditional methods. The operational costs that must be incurred are also large. The benefits that can be obtained by Juwana fishermen can actually be maximized. In this problem, the author tries to optimize profits by changing the ship's GT by changing the pattern of shipping results from previous ships. Of the 4 vessels used as reference for optimization, what is known as the optimal GT is 159,284 GT. For the profits that can be obtained amounted to 9.865 billion rupiah per year. For the main size of the ship made is; 24.85 m Length; 8.5 m Breadth; 2.3 m Draft; and 3,125 Depth. The ship displcements was 327.1 tons with 233.28 tons payload. The total resistance that occurs at a speed of 7 knots is 11.4 kN. For the stability of the vessel, the vessel is passed IMO A.749 (18) code on intact stability.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Purse Seine, Kapal Penangkap Ikan, Kapal Ikan, Kapal Tradisional
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prasetyo Bayu
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:21
Last Modified: 26 Jul 2024 04:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68823

Actions (login required)

View Item View Item