Aqsannata, Yosrifal (2019) Studi Alternatif Desain Ukuran Utama Kapal Tanker Berdasarkan Tahanan Total; Studi Kasus: Product Tanker 6500 DWT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04311540000124-Undergraduate_Thesis.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses perencanaan dan perancangan kapal, banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah ukuran utama. Ukuran utama merupakan fungsi yang mempengaruhi seluruh aspek-aspek yang terdapat pada kapal. Dalam perencanaan kapal, ukuran utama yang dirancang harus menghasilkan deadweight yang sesuai dengan owner requirement. Namun, untuk sekedar memenuhi deadweight saja belum cukup, perlu dipertimbangkan hal-hal lain agar kapal yang didesain akan efisien baik secara biaya, konstruksi maupun operasional. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah tahanan kapal. Tahanan kapal yang minimum akan berdampak pada daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan kapal tersebut. Pada Tugas Akhir ini, akan dicari ukuran utama kapal berdasarkan basis ship sehingga menghasilkan tahanan seminimal mungkin dengan memperhatikan aspek stabilitas dan karakteristik gerakannya. Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan set ukuran utama optimum yakni L = 119,4 m; B = 16,3 m; H = 9,3 m; T = 6 m dan Cb = 0,776 dengan tahanan total sebesar 193,3 kN. Ukuran tersebut telah memenuhi seluruh kriteria stabilitas IMO dan SOLAS serta memiliki karakteristik gerakan kapal yang baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain Kapal, Ukuran Utama, Tahanan Kapal, Stabilitas |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aqsannata Yosrifal Albastomi Yudhan |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 05:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 05:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/68849 |
Actions (login required)
View Item |