Co-Digestion Sampah Mengandung Lignoselulosa Dan Lindi Pada Proses Anaerobik

Desyanti, Alya Syifa (2019) Co-Digestion Sampah Mengandung Lignoselulosa Dan Lindi Pada Proses Anaerobik. UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211440000010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03211440000010-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komposisi utama sampah kota adalah berisi sampah organik. Salah satu sumber sampah organik adalah sisa buah-buahan dan sayuran yang banyak terdapat di pasar tradisional. Sampah organik berupa buah dan sayur mengandung lignoselulosa yang bisa dimanfaatkan sebagai biogas melalui proses anaerobik. Sampah di Surabaya ada sebagian yang diproses di Stasiun Peralihan Antara (SPA) dan dilakukan proses pemadatan sampah. Salah satu SPA yang ada di Surabaya adalah SPA Rangkah. Dari hasil pemadatan sampah tersebut dihasilkan lindi yang ditampung dalam bak penampung lindi. Lindi yang ditampung ini berpotensi untuk diolah dan dimanfaatkan lebih lanjut karena mengandung unsur hara yang berkadar tinggi.
Pemanfaatan kandungan organik yang tinggi pada lindi dapat dilakukan dengan metode anaerobik digester. Anaerobik digester dapat bekerja optimal apabila adanya pengadukan, dan nutrisi yang baik. untuk memenuhinya diperlukan tambahan total solid yang didapatkan dari sampah yang mengandung lignoselulosa (co-digestion). Tahap yang penting dari proses anaerobik adalah tahap awal yaitu hidrolisis dimana pada tahap ini terjadi pemecahan senyawa organik kompleks/polimer menjadi monomer. Dalam penelitian ini, dilakukanlah tahapan awal yaitu pembuatan slurry sampah organik dengan pencacahan sebagai substrat untuk proses anaerobik dalam pengolahanan lindi. Dengan adanya potensi co-digestion lindi dengan sampah organik untuk bahan baku biogas maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 8 reaktor dengan volume 6 L. Variasi perbandingan komposisi lindi dan sampah pasar adalah 100:0, 30:70, 50:50, 70:30. Proses dilakukan dalam waktu 30 hari. Hasil reaktor terbaik dengan efisiensi penurunan parameter total solid, volatile solid, BOD didapatkan pada reaktor dengan komposisi 30% air lindi dan 70% sampah dengan pengadukan. ===============================================================================================================================
Main composition of municipal solid waste is organic waste. It consists of fruits and vegetables that often meet in traditional market. That organic wastes contain of lignoselulose that can be used as biogas through anaerobic process. In other side, Surabaya has transfer station that used to compact the municipal solid waste in certain region, from the compaction process leachate resulted and collected in special chamber. This leachate has potential to be used since it has many organic contents . Utilization of organic content in leachate can be done by anaerobic process with anaerobic digester methode. Anaerobic digester can be optimal with mixing, and good nutrition, to obtain that needed a total solid addition from lignoselulose waste (co-digestion). The important step in anaerobic process is hydrolisis step which happen polimer changed to monomer. In this experiment, done with making slurry from organic waste for anaerobic digestion. This experiment uses 8 reactors laboratorium size with 6 litres volume. The variation of composition of leachate organic waste is 100:0, 30:70, 50:50, 70:30 and the process in 30 days in total. The result, reactor with much efficiency decrease of parameter of total solid, volatile solid, BOD is reactor that contains 30% leachate and 70% organic waste.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: RSL 628.42 Des c-1 2019
Uncontrolled Keywords: anaerobic, biogas, co-digestion, leachate, lignoselulose, organic waste.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD756.45 Anaerobic treatment
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD795.7 Sanitary landfills. Leachate--Purification.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alya Syifa Desyanti
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:16
Last Modified: 18 Jul 2024 04:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68907

Actions (login required)

View Item View Item