Perbandingan Pengaplikasian Bearing Keramik Dengan Bearing Baja Pada Sistem Perporosan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut Turbin Sumbu Vertikal Menggunakan Metode Simulasi

Putrandi, Fransiskus Tommi (2019) Perbandingan Pengaplikasian Bearing Keramik Dengan Bearing Baja Pada Sistem Perporosan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut Turbin Sumbu Vertikal Menggunakan Metode Simulasi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211745000014-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan pokok yang harus tersedia untuk menunjang kehidupan. Maka dibutuhkan juga pembangkit listrik yang mampu menghasilkan listrik sesuai dengan kebutuhan. Disisi lain banyak pembangkit listrik di Indonesia menggunakan bahan bakar minyak sebagai penggerak turbin, padahal bahan bakar minyak merupakan bahan bakar fosil yang tak dapat diperbaharui. Maka dari itu perlu diciptakan inovasi-inovasi yang mampu mengurangi penggunan bahan bakar minyak untuk menggerakkan turbin di pembangkit listrik, salah satunya adalah PLTAL (Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut). Pembuatan PLTAL dilakukan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang digunakan untuk menggerakkan turbin. Turbin yang digunakan untuk PLTAL menggunakan turbin sumbu vertikal dengan airfoil NACA 0018 sebagai sudu turbin. Dari perhitungan yang telah dilakukan, turbin berpotensi menghasilkan daya sebesar 18627.55 Watt. Namun dibalik itu terdapat beban yang harus ditanggung oleh sistem perporosan turbin. Torsi yang dihasilkan turbin mencapai 7152 Nm dan beban aksial sebesar 12767 N yang dikarenakan berat turbin itu sendiri. Maka dibutuhkan bearing yang mampu menahan beban tersebut. Perlu diingat kondisi laut sangatlah korosif. Maka diperlukan material yang anti korosi seperti keramik. Pada penelitian kali ini akan dihitung umur bearing keramik yang tersedia di pasar jika menerima beban pada sistem perporosan turbin. Selain itu juga akan dihitung umur dari jenis bearing yang cocok untuk menahan beban yang ada, lalu material bearing tersebut dicoba diganti dengan keramik, lalu disimulasikan umurnya dengan metode simulasi FEA. =================================================================================================================================
Electricity is a basic need that must be available to support life. Then we also need a power plant that is able to produce electricity. On the other hand many power plants in Indonesia use fuel oil to drive turbine, even though fuel oil is a fossil fuel that cannot be renewed. Therefore it is necessary to create innovations that can reduce the use of fuel oil to drive turbines in power plants, one of which is PLTAL (Ocean Current Power Plant). Making PLTAL is done to reduce the use of fossil fuels used to drive turbines. PLTAL using vertical axis turbines with NACA 0018 airfoils as turbine blades. From the calculations that have been done, the turbine has the potential to produce power of 18627.55 Watts. But behind that there is a load that must be accepted by the turbine shafting system. Torque produced by the turbine reaches 7152 Nm and the axial load is 12767 N that caused by its own weight. Then we need bearing which is able to accept this load. Keep in mind the sea conditions are very corrosive. Then we need an anti-corrosion material such as ceramics. In this study, the life age of ceramic bearings available in the market will be calculated when it receive loads on the turbine shafting system. In addition, the life age of the type of bearing that is suitable to hold the existing load will also be calculated, then the bearing material will be replaced with ceramic, then simulated the life age with the FEA simulati0n method.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 627.883 Put p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Bearing, Ceramic, Steel, Ocean Current Power Plant
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fransiskus Tommi Putrandi
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:43
Last Modified: 25 Jun 2024 08:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69106

Actions (login required)

View Item View Item