Analisa Beban Tak Seimbang Pada Sistem Kelistrikan Kapal Dynamic Positioning Berbasis Matlab

Fawaiz, Ismah (2019) Analisa Beban Tak Seimbang Pada Sistem Kelistrikan Kapal Dynamic Positioning Berbasis Matlab. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000008-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211745000008-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penambahan sistem pemosisian dinamis pada kapal bantu lepas pantai mengarah ke pemasangan bow thruster bertenaga besar. Kondisi lapangan yang tidak dapat diprediksi menyebabkan pemuatan yang tidak pasti. Kondisi ini menyebabkan penambahan dan pengurangan beban signifikan yang dapat mengganggu stabilitas sistem kelistrikan. Pada kapal dynamic positioning yang saat ini banyak dipakai menggunakan sistem kelistrikan terbuka (open bus) namun tidak ada gangguan atau permasalahan yang terjadi namun memiliki kekurangan yaitu effisiensi bahan bakar yang rendah, sehingga pada tugas akhir ini membahas kapal dynamic positioning menggunakan sistem kelistrikan tertutup (closed bus) namun banyak terjadi kegagalan salah satunya adalah ketidakseimbangan beban. Ketidakseimbangan beban adalah kondisi di mana tiga fase tegangan tidak sama satu sama lain dan tidak cocok dengan tegangan nominal. Kondisi volatilitas yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kinerja motor atau peralatan listrik lainnya. Oleh karena itu, banyak mengamati dan menganalisis tegangan tidak seimbang. Ketidakseimbangan beban terjadi sebagai akibat dari ketidakseimbangan tegangan suplai, kurangnya perawatan dan kondisi lingkungan yang buruk. Pada pembahasan ini, dilakukan simulasi menggunakan perangkat lunak Matlab untuk melihat pengaruh ketidakseimbangan beban. Dari hasil simulai dan analisa yang telah dilakukan, konfigurasi sistem kelistrikan dengan suplai daya 2 generator thruster dan 1 diesel generator dengan beban yang dipakai adalah 2 bow thruster dan beban kapal mengalami ketidakseimbangan beban yang terjadi pada kapal AHTS variasi 60%-75%, fasa R memiliki nilai sebesar 772,52 A ∠25,31°, fasa S memiliki nilai sebesar 1218,94 A ∠145,51° sedangkan pada fasa T memiliki nilai sebesar 565,21 A ∠265,21°. Upaya untuk mengatasi ketidakseimbangan beban yaitu dengan cara mengoperasikan beban bow thruster dan beban kapal pada variasi pembebanan yang berprosentase sama sehingga nilai ketidakseimbangan yang dihasilkan kurang dari standar nilai ketidakseimbangan yang diijinkan.
=================================================================================================================================
The addition of a dynamic positioning system on offshore auxiliary vessels leads to the installation of a high-powered bow thruster. Unpredictable field conditions cause uncertain loading. This condition causes the addition and reduction of significant loads that can disrupt the stability of the electrical system. On a dynamic positioning vessel that is currently widely used using an open electrical system (open bus) but there is no interference or problem that occurs but has a disadvantage of low fuel efficiency, so in this final project discussing dynamic positioning ships using closed electrical systems (closed bus) but many failures occur one of which is load imbalance. Unbalance load is a condition where three voltage phases are not equal to each other and do not match the nominal voltage. Unbalanced volatage conditions can affect the performance of a motor or other electrical equipment. Therefore, many observe and analyze unbalance load. Unbalance load occur as a result of unbalance suplly voltage, lack of maintenance and poor environmental conditions. In this discussion, a simulation was conducted using Matlab software to see the effect of unbalance load. From the results of the simulations and analyzes that have been carried out, the electrical system configuration with the power supply of 2 generator thruster and 1 diesel generator with the load used is 2 bow thruster and the load of the vessel experiences unbalance load that occurs on AHTS vessels variations of 60% -75%, phase R has a value of 772.52 A ∠25.31 °, phase S has a value of 1218.94 A ∠ 145.51 ° while in phase T has a value of 565.21 A ∠265.21 °. The effort to overcome the unbalance load is by operating the bow thruster load and the load of the vessel in the same variation of percentages so that the resulting unbalance value is less than the standard allowable unbalance value.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.850 3 Faw a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Dynamic Positioning System, Electrical System, Unbalance Load
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ismah Fawaiz
Date Deposited: 25 May 2023 02:45
Last Modified: 25 May 2023 02:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69295

Actions (login required)

View Item View Item