Perancangan AHU System dan Sanitary System Serta Analisa Jenis Udara Yang Dihasilkan Pada Ruang Operasi Pada Kapal Catamaran Rumah Sakit Apung (RSA)

Prastiko, Deni (2019) Perancangan AHU System dan Sanitary System Serta Analisa Jenis Udara Yang Dihasilkan Pada Ruang Operasi Pada Kapal Catamaran Rumah Sakit Apung (RSA). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000006_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211745000006_Undergraduate_Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit kapal merupakan fasilitas kesehatan yang belum banyak tersedia, namun juga membutuhkan perhatian sangat khusus dalam perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaannya terutama pada prasarana instalasi tata udara. Mengingat rumah sakit apung ini didesain untuk melakukan tindakan perawatan dan penanganan operasi, berkumpulnya orang sakit maupun orang sehat serta tersebarnya penyakit didalam ruangan operasi dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Dalam hal ini direncanakan system HVAC dua zona, sehingga didapatkan dua buah chiller untuk zona Ruang oeprasi, BHP, CSSD dan zona dua untuk ruangan crew kapal, ruang kesehatan, dan ruang navigasi dengan cooling capacity masing masing adalah 62,37 Kw dan 44,19 Kw. Selanjutnya dipilih spesifikasi AHU 1 yang sesuai dengan kebutuhan flow rate ruangan dengan spesifikasi cooling coil 70 kw , flow rate 7500 m^3 / h dan AHU 2 dengan spesifikasi cooling coil 50 kw , flow rate 8000 m^3 / h. Chiller didinginkan oleh air laut dengan kapasitas pompa keduanya sama yaitu 8 m^3 / h. Setelah didapat detail desain ducting dan layout penempatan diffuser maka disimulasikan jenis udara yang dihasilkan. Terdapat 6 variasi simulasi yaitu dua inlet dua outlet, dua inlet empat outlet, tiga inlet dua outlet, tiga inlet empat outlet, empat inlet empat outlet dan empat inlet panjang 4 outlet.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem AHU, Sea Water Chiller, Rumah Sakit Apung (RSA)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263 Heat exchangers
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ990 Compressors
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM311 Catamarans.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prastiko Deni
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:12
Last Modified: 03 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69319

Actions (login required)

View Item View Item