Identifikasi Bahaya dan Analisis Risiko dalam Pemilihan Metode Pembongkaran Anjungan Lepas Pantai : Studi Kasus Bukit Tua Platform

Rafiqa, Andi Farida (2019) Identifikasi Bahaya dan Analisis Risiko dalam Pemilihan Metode Pembongkaran Anjungan Lepas Pantai : Studi Kasus Bukit Tua Platform. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000032_Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
04311540000032_Undergraduate Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bidang infrastruktur minyak dan gas lepas pantai telah menua, dan dalam waktu dekat masyarakat dunia akan menghadapi tuntutan untuk decommissioning. Decommissioning didefinisikan sebagai pekerjaan pemotongan sebagian atau keseluruhan instalasi dan pemindahan hasil pembongkaran ke lokasi yang telah ditentukan. Terdapat tiga alternatif proses decommissioning utama, yaitu leave inplace, partial removal, dan complete removal. Proses pemilihan alternatif tersebut juga dapat berdasarkan banyak hal, salah satunya yaitu risiko hazard. Tujuan dari penelitian ini yaitu memilih alternatif pembongkaran instalasi lepas pantai berdasarkan kemungkinan dan besarnya bahaya yang dapat mengancam kesehatan dan keselamatan pada tenaga kerja. Hasil dari analisis HAZOP yaitu terdapat 3 jenis utama penyebab bahaya saat decommissioning, yaitu bahaya akibat perkenaan fisik, bahaya akibat zat kimia, dan bahaya akibat makhluk hidup (biologi). Bahaya akibat perkenaan fisik terbagi 3, bahaya akibat zat kimia juga terbagi 3, dan bahaya akibat makhluk hidup terbagi 2. Berdasarkan hasil analisis dengan kuesioner dan metode fuzzy AHP, metode pembongkaran anjungan lepas pantai yang paling tepat adalah partial removal dengan skor 0,005. Sedangkan berdasarkan hasil analisis objektif dengan HAZOP dan QRA, metode pembongkaran anjungan lepas pantai yang paling tepat adalah yang memiliki tingkat risiko terkecil, yaitu complete removal dengan skor 3,738 dan termasuk dalam zona risiko yang dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Decommissioning, HAZOP, Fuzzy AHP.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rafiqa Andi Farida
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:25
Last Modified: 26 Jun 2024 05:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69341

Actions (login required)

View Item View Item