Analisia Strategi Perusahaan untuk Sertifikasi Kapal Wisata dalam Layanan Klasifikasi: Studi Kasus Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)

Oktovianto, Muhammad Yudi (2019) Analisia Strategi Perusahaan untuk Sertifikasi Kapal Wisata dalam Layanan Klasifikasi: Studi Kasus Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Tesis_09211750077003_Muhammad Yudi Oktovianto_final.pdf]
Preview
Text
Tesis_09211750077003_Muhammad Yudi Oktovianto_final.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 09211750077003-Master_Thesis.pdf] Text
09211750077003-Master_Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) adalah satu-satunya badan klasifikasi nasional yang bertugas untuk mengklaskan kapal-kapal niaga berbendera Indonesia. Kegiatan klasifikasi BKI mencangkup pengklasifikasian kapal berdasarkan konstruksi lambung, mesin dan listrik kapal dengan tujuan memberikan penilaian teknis atas laik tidaknya kapal tersebut untuk berlayar. Kapal wisata sangat baik dalam mendukung wisata bahari di indonesia. Sertifiasi kapal wisata sangat membantu terutama mendapat kepercayaan wisatawan bahwasannya kapal yang dinaiki adalah kapal yang sudah tersertifikasi atau sudah patuh dengan peraturan perundang-undangan internasional atau nasional. Potensi bisnis sertifikasi kapal wisata di indonesia sangatlah besar. Dilakukan analisa dalam menentukan strategi perusahaan, strategi pemasaran dan strategi pendukung strategi pemasaran tersebut untuk menggait pasar bisnis sertifikasi kapal wisata di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kualitatatif dan kuantitatif dengan wawancara dan menyebarkan kuisioner terhadap responden. Metode analisa yang digunakan IE Matrix, SWOT dan QSPM. Strategi perusahaan yang didapat dari analisa IE Matrix adalah grow dan build. Strategi pemasaran yang didapat dari analisa QSPM adalah deversifikasi produk sertifikasi kapal wisata bersetandar ocean going dan domestik. Strategi yang mendukung sertifikasi kapal wisata bersetandar ocean going adalah penetrasi pasar, meyakinkan ke stakeholder dan pemerintah bahwa tidak harus menjadi anggota IACS dalam mensertifikasi kapal wisata, menyampaikan pencapaian BKI, memberikan penyuluhan dan pendampingan dalam proses klasifikasi kapal, dan mengoptimalkan setiap cabang untuk menggait pelanggan serta mengembangan market baru. Strategi yang mendukung sertifikasi kapal wisata bersetandar domestik adalah penetrasi pasar, mempertahankan citra baik perusahaan, memberikan penyuluhan dan pendampingan dalam proses klasifikasi kapal, penyelesaian dan publikasi rule domestik sesegera mungkin, menyampaikan pencapaian BKI, dan mengoptimalkan setiap cabang untuk menggait pelanggan serta mengembangan market baru.
=================================================================================================================================
PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) is the only national classification body tasked with classifying Indonesian flagged commercial vessels. The BKI classification activity covers the classification of ships based on the hull construction, engine and electrical of the ship with the aim of providing a technical assessment of the ship's worthiness to sail. Cruise ship are very good at supporting marine tourism in Indonesia. Cruise ship certification is very helpful, especially getting tourists' trust that the boarded ship is a ship that has been certified or has complied with international or national legislation. The potential of the cruise ship certification business in Indonesia is very large. Analyzes were carried out in determining the company's strategy, marketing strategy and supporting strategies for the marketing strategy to the tourist ship certification business in Indonesia. The method used is qualitative and quantitative by interviewing and distributing questionnaires to respondents. The analytical method used is IE Matrix, SWOT and QSPM. The company strategy obtained from IE Matrix analysis is grow and build. The marketing strategy obtained from the QSPM analysis is the diversification of ocean going and domestic standard for tourist ship certification products. The strategy that supports the certification of ocean going standard ships is market penetration, convincing stakeholders and the government that BKI does not have to be a member of IACS in certifying cruise ship, conveying the achievement of BKI, providing counseling and assistance in the ship classification process, and optimizing each branch to attract customers and develop new markets. The strategy that supports domestic standardized cruise ship certification is market penetration, maintaining the good image of the company, providing counseling and assistance in the ship classification process, settlement and publication of domestic rule as soon as possible, conveying BKI achievements, and optimizing each branch to attract customers and develop new markets.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Okt a-1
Uncontrolled Keywords: Analisia strategi, Kapal wisata , Biro Klasifikasi Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr Muhammad Yudi Oktovianto
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:25
Last Modified: 26 Mar 2025 04:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69351

Actions (login required)

View Item View Item