Pengruh Pemanasan Bahan Bakar B20 Dan B 30 Terhadap Performa Mesin Diesel Silinder Tunggal Tf 85 Mh

Adhima, Naufal R (2019) Pengruh Pemanasan Bahan Bakar B20 Dan B 30 Terhadap Performa Mesin Diesel Silinder Tunggal Tf 85 Mh. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000011_Naufal Adhima Rizqullah.pdf]
Preview
Text
04211745000011_Naufal Adhima Rizqullah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesatnya kemajuan Industri mendorong meningkatnya kebutuhan konsumsi bahan bakar sehingga diperlukan bahan bakar alternatif. Biodiesel merupakan salah satu biofuel yang bisa menjadi altematif pengganti bahan bakar fosil pada motor diesel. Namun terdapat perbedaan properties antara solar dan biodielsel seperti viskositas biodiesel yang lebih tinggi akan berpengaruh pada penginjeksian. Pemansan bahan bakar dilakukan untuk menurunkan viskositas sehingga didapat perbandingan proses pembakaran, performa serta kebisingan motor diesel yang dihasilkan. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar B23 dan B30 Terhadap Performa Mesin Diesel Silinder Tunggal TF 85 MH” bertujuan untuk mengetahui performa pada beban penuh, emisi dan penginjeksian dengan variasi bahan bakar B20 dan B30 serta variasi pemanasan suhu ruang, 40oc,50oc dan 60oc. Variasi pembebanan yang dilakukan pada pengujian performa dengan beban 1000, 2000, 3000, 4000 watt. Pada pengujuian ini mesin yang digunakan adalah mesin diesel silinder tunggal TF 85 MH tanpa modifikasi. Dari pengujian dihasilkan nilai daya yang terbesar pada bahan bakar B20 adalah 5.3 Kw pada pemanasan 60oC dengan pembebanan 4000w dan bahan bakar B30 adala 4.6 Kw pada semua variasi pemanasan dan pembebanan 4000w. Dari pengujian dihasilkan nilai torsi yang terbesar pada bahan bakar B20 adalah 24.07Nm dan bahan bakar B30 adalah 21.1Nm pada pemanasan 60oC dan pembebanan 4000w. Dari pengujian dihasilkan nilai SFOC yang terbaik pada bahan bakar B20 adalah 272.3 gr/Kwh dan bahan bakar B30 adalah 370 gr/Kwh. Pada pengujian penginjeksian didapatkan bahwa semakin besar temperatur pemanasan semakin pendek panjang hasil penginjeksian, namun semakin membesar radius penginjeksian yang dihasilkan dan tekanan penginjeksian menurun. Hal ini disebabkan karena turunnya nilai viskositas. Dari hasil pengujiannilai emisi NOx 71ppm pada bahan bakar B20 dan 78ppm pada bahan bakar B30yang mana hasil didapatkan pada pemanasan 50oC dengan pembebanan 3000w.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: B20, B30, Emission, Injection, Performance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Adhima Rizqullah
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:37
Last Modified: 02 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69390

Actions (login required)

View Item View Item