Analisa Kinerja dari Shell and Tube Sebagai Pemanas Bahan Bakar Pada Biodiesel

Noviantoro, Hafid Rafi (2019) Analisa Kinerja dari Shell and Tube Sebagai Pemanas Bahan Bakar Pada Biodiesel. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211541000052-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211541000052-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin diesel banyak digunakan oleh kapal karena torsi besar, efisiensi pembakaran tinggi, dan daya tahan tinggi. Meskipun mesin diesel secara efisien mengkonsumsi bahan bakar, cadangan bahan bakar dari fosil menurun. Oleh karena itu diperlukan bahan bakar alternatif. Biodiesel adalah salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan bahan bakar di masa depan. Biodiesel dapat berasal dari sayuran atau hewan. Biodiesel yang paling umum berasal dari sayuran seperti, minyak kelapa sawit, minyak jarak, minyak kedelai, dll. Dalam penelitian ini biodiesel dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasuki mesin karena viskositas yang tinggi. Alih-alih menggunakan pemanas listrik, buang panas dari mesin air pendingin yang digunakan untuk memanaskan bahan bakar hingga 70ºC. Mesin diesel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mitsubushi 4D30. Panas dari air pendingin dialirkan menggunakan penukar panas shell and tube. Penelitian ini menghitung secara manual untuk menemukan ukuran dan mensimulasikan penukar panas shell and tube menggunakan simulasi CFD. Hasil yang diperoleh dengan ukuran diameter tube 0.375 inch, diameter shell 2.25 inch, dan panjang 270 mm, panas dari mesin air pendingin mampu memanaskan biodiesel dari 30 ºC hingga 70 ºC
=============================================================================================================================
Diesel engines are widley used by ships because of great torque, high combustion efficiency, and high durability. Although diesel engine efficienly consuming fuel, the fuel reserves from fossil are decreasing. Therefore alternative fuel is needed. Biodiesel is one solution to solve insufficien fuel in the future. Biodiesel may come from vegetable or animal. Most common biodiesel come from vegetable such as, palm oil, jatropha oil, soybean oil, etc. In this research biodiesel preheated before enters the engine due to high viscoity. Instead using electric heater, waste heat from cooling water engine used to heated the fuel until 70ºC. Diesel engine used in this reasearch is Mitsubushi 4D30. The heat from cooling water transfered using shell and tube heat exchanger. This research manually calculating to find size and simulating the shell and tube heat exchanger used CFD simulation. The result obtained with size of tube outside diameter 0.375 inch, shell outside diameter 2.25 inch and length of heat exchanger is 270 mm, show that heat from cooling water engine able to heated biodiesel from 30 ºC untill 70 ºC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Heat Exchanger, Shell and Tube, Waste Heat Recovery, CFD Simulation
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Noviantoro Hafid Rafi
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:37
Last Modified: 02 Jul 2024 06:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69539

Actions (login required)

View Item View Item