SImulasi Aliran Daya Pada Sistem Kelistrikan Kapal Dynamic Positioning Menggunakan Matlab

Ar-Razy, Ranndy Zakaria (2019) SImulasi Aliran Daya Pada Sistem Kelistrikan Kapal Dynamic Positioning Menggunakan Matlab. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211340000046_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211340000046_Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dynamic Position merupakan sistem pengendalian yang dapat mengatur posisi kapal secara otomatis dengan menggunakan mekanisme baling-baling, thruster, sensor posisi yang dikombinasikan dengan sensor angin dan sensor gerak yang memberikan informasi pada komputer yang berhubungan langsung dengan posisi kapal. Pada Penilitian ini dilakukan simulasi aliran daya sistem kelistrikan tertutup pada kapal dynamic positioning menggunakan software matlab yang bertujuan untuk mengetahui aliran daya listrik yang ditransfer dari generator ke beban yang berupa nilai daya aktif (P) dan daya reaktif (Q) pada generator ataupun beban, mengetahui nilai rugi daya yang ada pada sistem kelistrikan apakah memenuhi batas-batas yang telah ditentukan, dan mendapatkan solusi pada permasalahan yang timbul. Setelah dilakukan simulasi pada software matlab pada Skenario ke satu (dengan variasi beban 60% dan 75%) diketahui daya generator yang harus dikeluarkan untuk menyuplai beban adalah 362 kW dan 165 kVar sementara pada sisi beban (bow thruster) dengan variasi diketahui 309 kW dan 141 kVar untuk beban 60%, 385 kW dan 175 kVar untuk beban 75%. Diketahui nilai rugi daya pada jalur bus 1-3 7,54 kW (P) dan 3,43 kVAr (Q) dan drop voltage sebesar 4,39% untuk bow thruster 2. Metode perbaikan dilakukan dengan metode pergantian kabel. Kabel diubah, dari keadaan awal kabel dengan diameter 70 mm2 dengan Z = 0,325 Ω/km diubah menjadi 95 mm2 untuk diameternya dan Z = 0,248 Ω/km. Upaya tersebut meminimalkan rugi daya (losses) yang terjadi pada skenario satu dengan variasi beban 100%, yang awalnya 17,09 kW (P) menjadi 9,03 kW (P). Perbaikan juga dilakukan dengan penambahan kapasitor, daya kapasitor yang dibutuhkan 65,405 kVar. Dari hasil analisa aliran daya setelah penambahan kapasitor, nilai losses daya sebesar 4,87% dan masih dalam batas sesuai standard IEEE yaitu losses daya ≥30%. Dan bisa dikatakan efisiensi daya pada variasi pembebanan ini mencapai 95% dan masih dalam batas sesuai standard IEEE yaitu ≥50%.
============================================================================================================================
Dynamic Position is a control system that can regulate the position of the ship automatically using a propeller mechanism, thruster, position sensor combined with wind sensors and motion sensors that provide information on a computer that is directly related to the position of the ship. In this research, the simulation of closed electrical system power flow on dynamic positioning vessels using Matlab software which aims to determine the electric power flow transferred from the generator to the load in the form of active power values (P) and reactive power (Q) on the generator or load, knowing the value of power losses that exist in the electricity system does meet the prescribed limits, and get a solution to the problems that arise. After simulating the Matlab software in the first scenario (with load variations 60% and 75%), it is known that the generator power to be supplied to supply the load is 362 kW and 165 kVar while on the load side (bow thruster) with variations known to 309 kW and 141 kVar for loads of 60%, 385 kW and 175 kVar for loads of 75%. It is known that the power loss value on bus lines 1-3 is 7.54 kW (P) and 3.43 kVAr (Q) and drop voltage is 4.39% for bow thruster 2. The method of repair is done by the cable switching method. The cable is changed, from the initial state the cable with a diameter of 70 mm2 with Z = 0.325 km / km is changed to 95 mm2 for its diameter and Z = 0.248 Ω / km. These efforts minimize power losses (losses) that occur in scenario one with a load variation of 100%, which initially is 17.09 kW (P) to 9.03 kW (P). Improvements are also made by adding capacitors, the required capacitor power is 65.405 kVar. From the results of the analysis of power flow after the addition of capacitors, the power losses value is 4.87% and is still within the limits according to the IEEE standard, namely power losses ≥30%. And it can be said that power efficiency in this loading variation reaches 95% and is still within the limits according to the IEEE standard of ≥50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dynamic Positioning System, Load Flow Analysis, Losses
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ranndy Zakaria Ar-Razy
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:26
Last Modified: 02 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69586

Actions (login required)

View Item View Item