Studi perbandingan Pemakaian Metode Dua Dimensi, Isometri Dan Model Pada Pembuatan Gambar Komposit Untuk Menunjang Penerapan "Advanced Outfitting" Pada Pembuatan Kapal Penumpang

Wibowo, Suryo Hadi (1994) Studi perbandingan Pemakaian Metode Dua Dimensi, Isometri Dan Model Pada Pembuatan Gambar Komposit Untuk Menunjang Penerapan "Advanced Outfitting" Pada Pembuatan Kapal Penumpang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4894100288-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Gambar komposit adalah gambar gabungan dari beberapa sistem yang ada di kapal yang biasanya berbentuk diagram gar is Cline diagram) yang dapat digambarkan dengan metode dua dimensi, metode isometri dan model . Gambar ini adalah gambar yang harus dibuat apabila suatu galangan menerapkan pendekatan produk dalam sistem produksinya. Dalam tugas akhir ini dilakukan eksperimen terhadap subyek penelitian yaitu siswa diklat. Dari evaluasi didapatkan bahwa pemakaian metode isometri paling mudah dimengerti dan dipahami untuk dilaksanakan. Dalam penerapan metode isometri di PT. PAL Indonesia timbul masalah yang menghambat implementasinya. Berdasarkan analisa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penggambaran isometri dapat dijustifikasi secara teknis dan ekonomis. Investasi yang diperlukan untuk penerapan metode penggambaran isometri dapat dikembalikan dalam jangka waktu 2 tahun, dengan keuntungan yang diperoleh dalam penerapan metode isometri ini di PT. PAL Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKE 623.824 3 Wib s
Uncontrolled Keywords: Gambar komposit, isometri, advanced out fitting
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH6840 Piping installation. Pipefitting
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 07 Aug 2019 05:12
Last Modified: 07 Aug 2019 05:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69898

Actions (login required)

View Item View Item