Susanto, Heru (1994) Studi Tentang Seakeeping Kapal Layar Motor Tradisional Tipe Madura Di Gelombang Regular. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4894100306-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Merancang sebuah kapal dengan perilaku dinamis yang baik untuk kondisi lautan dimana kapal tersebut berlayar, merupakan suatu tugas ahli perkapalan (naval architect). Oleh karena itu masalah seakeeping yang meliputi gerak heave, pitch, yaw, sway dan roll perlu diujicoba pada sebuah kapal.
Pada kesempatan ini diadakan pengujian untuk KLM tipe Madura dari segi gerak vertikalnya yang meliputi : heave dan pitch. Tingkah laku kapal tersebut sangat menarik diteliti karena kalau berjalan (berlayar) miring, sehingga menghasilkan karakteristik yang unik.
Pendekatan seakeeping dapat dicari secara eksperimen
(menggunakan towing tank dengan model kapal) maupun secara
analitis (menggunakan persamaan matematis). Selain masalah
seakeeping juga diteliti masalah hambatan setiap kecepatan pada kondisi kemiringan tertentu. Dari kedua antara eksperimen dan teori untuk kopel heave dan pitch kemudian dibanding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKE 623.822 3 Sus s |
Uncontrolled Keywords: | seakeeping, kopel heave, pitch |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE566.S3 Sailing ships |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 05:12 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 05:12 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/69900 |
Actions (login required)
View Item |