AUTENTIKASI JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK MENGHADAPI SERANGAN DoS BERBASIS PKC

Afianti, Farah (2019) AUTENTIKASI JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK MENGHADAPI SERANGAN DoS BERBASIS PKC. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Disertasi Farah A cover.pdf]
Preview
Text
Disertasi Farah A cover.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Komunikasi broadcast pada jaringan sensor nirkabel (JSN) sangat efisien dan berdampak besar pada seluruh node sensor. Alasan tersebut mendasari pemanfaatan node sensor terutama pada proses diseminasi data, kode, pemeliharaan, menjalankan perintah atau query maupun sinkronisasi. Kondisi ini diikuti dengan rawannya keamanan yang dapat mengganggu ketersediaan komunikasi pada JSN. Oleh karena itu dibutuhkan proses autentikasi pengguna untuk memastikan apakah pengguna valid. Pemanfaatan digital signature untuk autentikasi memiliki keamanan yang tinggi akan tetapi harus diimbangi dengan komputasi yang tinggi. Kekurangan ini dimanfaatkan peretas untuk mengirimkan signature palsu dalam jumlah besar sehingga node sensor akan sibuk memverifikasi dan proses ini dikenal dengan serangan Denial of Service (DoS) berbasis Public Key Cryptography (PKC). Berbagai metode filter dikembangkan untuk mengatasi masalah ini. Mekanisme ini memiliki komputasi rendah dan bersifat mendampingi proses verifikasi signature bukan menggantinya. Skema puzzle merupakan salah satu filter dengan komputasi rendah namun dapat diandalkan dalam mengatasi serangan DoS berbasis PKC akan tetapi memiliki kelemahan pada delay yang tinggi dalam mencari solusi puzzle pada sisi pengirim.
Berkembangnya berbagai aplikasi pendukung yang akan mengakses node sensor secara langsung meningkatkan keragaman dan skalabilitas pada JSN. Sedangkan node sensor memiliki keterbatasan dalam sumber daya terutama pada ruang penyimpanan dan kemampuan komputasi. Oleh karena itu, penelitian ini mengajukan skema puzzle dinamis pada JSN menggunakan Multiuser-Dynamic Cipher Puzzle (M-DCP) yang dilengkapi dengan TinySet. Skema ini bertujuan untuk mengurangi waktu pemrosesan dan dapat dimanfaatkan oleh banyak pengguna atau pengirim dengan kebutuhan ruang penyimpanan pada JSN yang rendah. M-DCP memanfaatkan fungsi ambang untuk membatasi jumlah iterasi hash. Hasil percobaan menunjukkan bahwa fungsi ambang eksponensial dapat menurunkan delay pada sisi pengirim hingga 94% dengan peluang ditemukannya solusi hingga 1-(1.738x10-13). Sedangkan pemanfaatan TinySet yang telah diregularisasi bisa menghemat ruang penyimpanan hingga 77% dibandingkan dengan Counting Bloom Filter (CBF). Pemanfaatan skema ini berdampak pada meningkatnya komputasi pada proses verifikasi. Peningkatan ini bernilai hingga 36% dibandingkan dengan Bloom Filter based Authentication (BAS) atau pada implementasinya membutuhkan waktu tidak lebih dari 0.5 detik. Performansi yang didapatkan diimbangi dengan meningkatnya keamanan terutama pada autentikasi, confidentiality dan ketahanan terhadap serangan DoS berbasis PKC. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kompleksitas serangan menggunakan brute force hingga 1.86x10137 trial yang didapatkan dari proses autentikasi menggunakan Elliptic Curve Digital Signature Algorithm (ECDSA), proses enkripsi menggunakan Rivest Cipher 5 (RC5) dan proses pembuatan puzzle menggunakan DCP.

Kata kunci: autentikasi, DoS, jaringan sensor nirkabel, multiuser, skema puzzle

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: autentikasi, DoS, jaringan sensor nirkabel, multiuser, skema puzzle
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.94 Cryptographic techniques
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Farah Afianti
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:43
Last Modified: 21 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69964

Actions (login required)

View Item View Item