Perancangan Dan Pembuatan Perangat Lunak Optimasi Penempatan Dan Pengambilan Peti Kemas Pada Kapal Angkut Peti Kemas Dengan Menggunakan Algoritma Heuristic

Dewayanto, Doddy (2005) Perancangan Dan Pembuatan Perangat Lunak Optimasi Penempatan Dan Pengambilan Peti Kemas Pada Kapal Angkut Peti Kemas Dengan Menggunakan Algoritma Heuristic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5197100108-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Kapal angkut peti kemas memiliki kemampuan dan fasilitas pengangkutan peti kemas yang beragam. Masing-masing kapal angkut memiliki rute perjalanan yang telah ditentukan oleh pemilik dan atau pemesan kapal tersebut. Pada tiap pelabuhan yang dikunjungi, kapal akan melakukan kegiatan bongkar muat peti kemas sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Peti kemas yang ditujukan untuk perlabuhan tersebut akan dibongkar dan peti kemas dengan tujuan pelabuhan berikutnya akan dimuat. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan hongkar muat tersebut berpengaruh besar terhadap biaya yang dikeluarkan oleh pihak terminal peti kemas, pemilik peti kemas dan pemilik serta pemesan kapal. Kecepatan bongkar muat peti kemas juga menentukan reputasi dari terminal peti kemas tersebut di mata pelanggannya. Berdasarkan kenyataan tersebut, proses bongkar muat yang berjalan cepat dan ejisien menjadi tujuan dan komoditas utama dari masing-masing terminal peti kemas untuk dapat bersaing dengan terminal peti kemas yang lain.Dengan menggunakan pemodelan proses bongkar muat manual berdasarkan pengamatan selama studi lapangan serta bantuan dari berbagai referensi, penulis mencoba mengimplementasikan optimasi proses bongkar muat peti kemas tersebut kedalam bentuk komponen yang dapat diakses melalui aplikasi utama. Perekayasaan model dan desain sistem dibuat dengan tool Microsoft Visual C# .NET.Untuk menguji keabsahan komponen yang telah dibuat, penulis menerapkan beberapa ujicoba simulasi. Simulasi-simulasi tersebut dibuat berdasarkan kasus bongkar dan muat peti kemas pada suatu pelabuhan. Inti dari ujicoba simulasi tersebut adalah berupa penerapan tahapan proses pembongkaran peti kemas dari kapal dan pemuatan peti kemas ke atas kapal dengan disertai pemberian tambahan kondisi-kondisi tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Dew p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:11
Last Modified: 19 Aug 2019 02:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70402

Actions (login required)

View Item View Item