Penjadwalan Multi Proyek Berdasarkan Keterbatasan Sumber Daya Dengan Menggunakan Metode Heuristik. Studi Kasus : Pembangunan Proyek Perumahan PT. Pratama Estate Wiyung Surabaya

Fahmi, Mufti (1996) Penjadwalan Multi Proyek Berdasarkan Keterbatasan Sumber Daya Dengan Menggunakan Metode Heuristik. Studi Kasus : Pembangunan Proyek Perumahan PT. Pratama Estate Wiyung Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2591100027-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

PT. Pratama Estate adalah sebuah industri yang bergerak dibidang perumahan. Dalam pelaksanaannya, PT. Pratama mempunyai subkontraktor-subkontraktor. Dimana subkontraktor-subkontraktor ini diberi kewenangan untuk menjadwalkan dan melaksanakan pembangunan proyek perumahan tersebut. Salah satu perusahaan kontraktor yang dimiliki oleh PT. Pratama adalah PT. Surya Dharma KEncana Jaya. Dalam menjadwalkan proyek-proyek yang ada, kendala yang paling sering dihadapi adalah kesalahan dalam merencanakan pengalokasian sumber daya pada aktivitas-aktivitas dari masing-masing proyek, sehingga sering terjadi konflik antara satu aktivitas dengan aktivitas lain karena kebutuhan sumber dayanya sama, sedangkan sumber daya yang dimiliki perusahaan terbatas. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka dicoba diaplikasikan suatu metoda penjadwalan proyek yang sesuai. Dalam hal ini metoda yang digunakan adalah metoda Heuristik model MPM. Model Heuristik penjadwalan dan pengendalian untuk Multi-proyek dengan keterbatasan sumber daya ini dikembangkan dari data aktual perusahaan dengan menggunakan pendekatan Kurtulus dan Davis untuk menyeleksi aturan Heuristik yang sesuai. Ada tiga aturan Heuristik yang digunakan, yaitu SASP, MINSLK, MAXTWK. Untuk memilih aturan mana yang digunakan dalam perencanaan penjadwalannya, akan disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing proyek dengan menggunakan dua aturan yang dikembangkan oleh Kurtulus dan Davis, yaitu ARLF dan AUF. Perhitungan slack dari keterbatasan sumber daya dan jadwal dari proyek itu sendiri serta utilitas untuk masing-masing sumber daya merupakan output dari model ini. Untuk pengendalian proyek, digunakan suatu routine yang dapat merubah status proyek saat ini disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.53 Fah p 8358/H/97
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, proyek, perumahan, routine, heuristik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:06
Last Modified: 30 Aug 2019 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70577

Actions (login required)

View Item View Item