Prediksi Pangsa Pasar Dan Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Shampo)

Setyono, Ady (1996) Prediksi Pangsa Pasar Dan Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Shampo). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2591100055-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2591100055-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu merek/produk sangat tergantung pada kemampuan merek/produk tersebut untuk dapat mengidentifikasi segmen yang akan dilayaninya, dan bagaimana produk tersebutt berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memuaskan keinginan konsumen di segmen tersebut. Suatu merek harus dapat memposisikan dirinya dengan baik untuk dapat menarik segmen konsumen tersebut.
Dari basil analisis segmentasi yang dilakukan berdasarkan manfaat/benefit yang diingini konsumen pada produk shampo, maka pasar produk shampo bisa dibagi menjadi empat segmen. Adapun segmen tersebut adalah segmen kesehatan, segmen kesesuaian, segmen kesuburan dan segmen kesegaran. Penamaan segmen ini didasarkan pada atribut yang menjadi prioritas utmna pada masing--masing segmen. Urutan prioritas diperoleh dari analisis Thurstone's Case V. Karakteristik masing-masing segmen itu bisa digmnbarkan berdasarkan deskriptor segmen, dalam hal ini, variabel-variabel tersebut adalah usia, frekwensi berkermnas, tempat pembelian dan loyalitas.

Berdasarkan basil analisis vektor ideal, bisa diketahui bagaimana karakteristik produk ideal tmtuk masing-masing segmen berdasarkan perbandingan bobot masing-masing dimensi. Bobot masing-masing dimensi diperoleh dengan analisis regresi ranking preferensi konsumen terhadap skor faktor masing-masing dimensi. Dari hasil analisis ini ternyata ada ruang kosong pada kwadran Maskulin-Kesan Alamiah, yang merupakan peluang tmtuk menempatkan suatu produk/merek shampo baru.

Peta Persepsi yang dibentuk berdasarkan rating atribut, memperlihatkan posisi masing-masing merek relatif terhadap merek lainnya Dengan melihat Jarak suatu merek dengan merek lainnya, kita mengetahui seberapa ketat persaingan yang terjadi antar merek-merek tersebut. Prediksi pangsa pasar yang dilakukan dengan menggunakan model Logit menunjukkan bahwa shmnpo merek Stmsilk, Clear dan Dimension memperoleh
pasar terbesar dengan perolehan sebesar 12,03 %, 11,36% dan 10,70%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.8 Set p 8354/H/97 NRP.2591100055
Uncontrolled Keywords: analisis vektor, sementasi, model logit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:18
Last Modified: 29 Aug 2019 04:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70611

Actions (login required)

View Item View Item