Implementasi Analisis Segmentasi, Positioning, Dan Targeting Dalam Perancangan Strategi Periklanan Kartu Pasca Bayar Yang Efektif (Studi Kasus : Kartu Pro-XL Pasca Bayar Excelcomindo Pratama)

Sudaryono, Eko (2001) Implementasi Analisis Segmentasi, Positioning, Dan Targeting Dalam Perancangan Strategi Periklanan Kartu Pasca Bayar Yang Efektif (Studi Kasus : Kartu Pro-XL Pasca Bayar Excelcomindo Pratama). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2595100070-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (34MB)

Abstract

Persaingan yang ketat antara perusahaan telekomlmikasi mendorong PT Excelcomindo Pratama untuk selalu menjaga posisi produknya pada tingkat teratas. Salah satu tindakan strategis yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan mengadakan periklanan yang merupakan kiat komunikasi utama dalam bauran promosi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Mengingat biaya periklanan yang sangat besar, maka pihak PT Excelcomindo Pratama harus merancang strategi periklanannya seefektif mlmgkin. Proses identifikasi segmen pasar dilakukan dengan mengelompokkan responden ke dalam beberapa segmen pasar yang memplmyai kesamaan dalam hal prioritas kepentingan terhadap atribut produk (k-mean cluster). Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi struktur benefit tiap segmen pasar berdasarkan struktur atribut yang diutamakan oleh konsumen (cluster mean analysis). Untuk mendapatkan gambaran rnengenai karakteristik segmen maka dilakukan identifikasi segmen dengan menggunakan variabel profil yaitu variabel dernografis dan psikografis serta variabel preferensi konsumsi media (crosstab). Analisis terhadap situasi persaingan antar rnerek produk dilakukan dengan mengidentifikasi persepsi konsumen terhadap masing-masing produk. Identifikasi ini dilakukan dengan menterjemahkan persepsi konsumen dalam bentuk sebuah peta persepsi (multidimensional scaling). Pemberian nama dimensi yang sesuai untuk peta persepsi dilakukan dengan metode linear multiregression. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan adanya sepuluh atribut yang dipentingkan oleh konsumen di dalam pemilihan merek kartu pascabayar, yaitu : area layanan, features, mutu jaringan, kapasitas rnemori, fasilitas customer care by on-line, program inovatif, kemudahan pendaftaran, kerahasiaan data/pesan, kemudahan pembayaran, serta kemudahan bermigrasi. Sedangkan dalam pengelompokkannya terbagi atas dua kelompok, dengan struktur benefit sebagai berikut : segmen 1 merupakan segmen dengan konsumen yang mempunyai karakteristik mengutamakan atribut kemudahan bermigrasi (kemudahan berrnigrasi dari kartu pasca bayar ke kartu pra bayar dan sebaliknya). Segmen 2 merupakan segmen dengan konsumen yang mempunyai karakteristik mengutamakan atribut area layanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 519.53 Sud i
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.55 Cluster analysis
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:16
Last Modified: 03 Sep 2019 04:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70653

Actions (login required)

View Item View Item