Studi Pengkajian Sistem Jaringan Komunikasi Data Perbankan Di Indonesia

Bernath, Mateus (1994) Studi Pengkajian Sistem Jaringan Komunikasi Data Perbankan Di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
2882201062-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Perbankan yang merupakan suatu bentuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan moneter/financial mempunyai kiat khusus dalam mewujudkan jaringan perusahaan yang terintegrasi dalam jangkauan yang luas, guna menjalankan fungsinya ditengah era globalisasi informasi saat ini. Dalam Tugas Akhir ini dikaji sistem jaringan komunikasi data perbankan di Indonesia, dimana dalam pembahasannya akan dibatasi pada perangkat terminal yang dipakai oleh jaringan bank, klasifikasi jaringan bank, fungsi-fungsi aplikasi yang dijalankan oleh dalam jaringan perbankan di Indonesia, aspek-aspek perencanaan dan pengembangan sistemjaringan perbankan di Indonesia. Dalam mengkaji permasalahan diatas, maka dalam tugas akhir ini dipakai beberapa langkah-langkah pembahasan, yaitu : studi literatur dan pengumpulan data dari bank-bank nasional yang ada di Indonesia, studi kasus sistem perbankan, dimana keseluruhan data tesebut diperlukan untuk mengkaji sistem jaringan komunikasi data perbankan di Indonesia. Dalam pembahasannya akan di berikan contoh aplikasi jaringan Bank sentral (Bank Indonesia), Bank umum swasta nasional di Indonesia, yang diharapkan dapat membantu dalam mengkaji permasalahan diatas serta dalam pengambilan kesimpulan dalam tugas akhir ini. Dari studi pengkajian ini dapat disimpulkan bahwa, vertama Sistem jaringan komunikasi data perbankan di Indonesia merupakan suatu sistem informasi yang ditunjang oleh perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi dalam menghubungkan berbagai terminal data bank pada satu pola terhubung sehingga terjadi pertukaran informasi secara simultan, melalui suatu media transmisi. Kedua sistem jaringan komunikasi data perbankan di Indonesia diklasifikasikan sebagai : sistem jaringan yang menginterkoneksi terminal data dalam satu ruang lingkup kantor pusat yang digolongkan sebagai jaringan LAN (local Area Network), dan sistemjaringan yang menginterkoneksikan terminal data di Kantor pusat di Jakarta dan kantor cabang dalam dan di luar kota Jakarta yang diklasifikasikan sebagai MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Ketiga terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam perencanaan dan pengembangan jaringan komunikasi data bank di Indonesia, yaitu aspek kebutuhan interkoneksi komputer Bank, aspek prakiraan trafik transaksi data Bank, aspek fasilitas jaringan di Indonesia, aspek pemilihan protokol komputer, protokol pada media jaringan dan alternatif interkoneksi jaringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.398 1 Ber s-1
Uncontrolled Keywords: Perbankan; Jaringan Komunikasi Data
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.5956 Quality of service. Reliability Including network performance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:41
Last Modified: 06 Sep 2019 03:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70701

Actions (login required)

View Item View Item