Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan Pemustaka Perpustakaan ITS Berbasis Teknologi Informasi

Mursidah, Eva and Wahyuni, Davi and Gonti, Yeni Anita (2017) Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan Pemustaka Perpustakaan ITS Berbasis Teknologi Informasi. -. (Unpublished)

[thumbnail of PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN LAYANAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN ITS.pdf]
Preview
Text
PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN LAYANAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN ITS.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun usulan rekomendasi layanan perpustakaan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang berbasis teknologi informasi (TI) dengan menggunakan framework COBIT. COBIT merupakan sebuah panduan standar untuk praktik manajeman teknologi informasi. COBIT dapat membantu untuk menjembatani gap antara resiko-resiko bisnis, kebutuhan kontrol dan permasalahan-permasalahan teknis. Ting-kat kematangan layanan pengguna perpustakaan ITS dianalisa berdasaran faktor internal dan eksternal melalui wa-wancara dan penyebaran kuisoner. Indikator kepuasan pengguna diturunkan dengan menggunakan metode LibQual dan COBIT. Pada Libqual indikator kepuasan diturunkan dari pengukuran affect of service dan information control. Affect of service berhubungan dengan kemampuan, sikap dan mentalitas petugas perpustakaan dalam melayani pengguna. Seangkan information control berhubungan dengan ketersediaan koleksi yang memadai, cakupan isi, kemudahan akses serta navigasi untuk menemukan koleksi yang dmiliki, aktualitas, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi, hambatan, peralatan, kenyamanan dan kepercayaan diri. Indikator kerja yang digunakan pada kerangka kerja COBIT adalah domain DS (delivery support). Selanjutnya hasil dari survey dan wawancara akan dibandingkan dengan kriteria World Class University Library (WCUL) untuk mengetahui kekurangan dari standar pelayanan perpustakaan yang diberikan di perpustakaan pusat ITS.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan ITS memiliki nilai rata-rata tingkat kematangan 3 pada proses yang didefinisikan (defined process). Sedangkan berdasarkan kriteria WCUL, perpustakaan ITS memenuhi 4 item kriteria WCUL dari total 23 item kriteria. 19 item kriteria lainnya sudah diimplementasikan di perpustakaan ITS dengan nilai rata-rata yang hampir mendekati batas nilai untuk kriteria WCUL.
Ada beberapa indikator yang digunakan sebagai objek prioritas usulan rekomendasi dalam penelitian ini, yaitu: Keselarasan Strategi (Strategic Alignment), Penyampaian Nilai (Value Delivery), Manajemen Sumber Daya (Re-source Management), Manajemen Risiko (Risk Management), dan Pengukuran Kinerja (Performance Measurement). Luaran dari penelitian ini adalah berupa dokumen rekomendasi berdasarkan kelima indikator tersebut. ========== The purpose of this research is to compose the recommendation recommendation of library service at Sepuluh Nopember Institute of Technology Surabaya (ITS) based on information technology (IT) using COBIT framework. COBIT is a standard guide to information technology management practices. COBIT can help to bridge the gap be-tween business risks, control needs and technical issues. The maturity level of the ITS library user service is analyzed by internal and external factors through interviews and kuisoner dissemination. User satisfaction indicators are de-rived using LibQual and COBIT methods. On the Libqual indicator satisfaction derived from measurement affect of service and information control. Affect of service relates to the ability, attitude and mentality of librarians in serving the users. While information control is related to the availability of adequate collections, content coverage, ease of access and navigation to find collections owned, actuality, time needed to obtain information, obstacles, equipment, comfort and confidence. The work indicator used in the COBIT framework is the DS domain (delivery support). Fur-thermore, the results of the survey and interview will be compared with the criteria of World Class University Library (WCUL) to find out the shortcomings of library service standards provided in thecentral library of ITS.
The results of the research indicated that ITS has an average value of maturity level 3 on a defined process. While based on WCUL criteria, the ITS library meets 4 items of WCUL criteria from a total of 23 criteria items. 19 other criterion items have been implemented in the ITS library with an average value that is almost close to the value limit for WCUL criteria.
There are several indicators used as the priority object of recommendation suggestion in this research: Strategic Alignment, Value Delivery, Resource Management, Risk Management, and Performance Measurement (Performance) Measurement). The output of this research is a recommendation document based on the five indicators.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:28
Last Modified: 06 Sep 2019 08:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70704

Actions (login required)

View Item View Item