Studi Pengkajian Teknik Pengukuran Kuat Medan Pada Sistem Radio Cellular

Putra, Teguh Prasetya Mukti Wibawa (1990) Studi Pengkajian Teknik Pengukuran Kuat Medan Pada Sistem Radio Cellular. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2842200148-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan komunikasi telepon yang semakin lama semakin meninggi seiring dengan kemajuan teknologi maka dirasakan kebutuhan akan sistem komunikasi telepon mobil yang berkapasitas tinggi dan kemampuannya dapat diandalkan, untuk itulah maka perlulah diterapkan konsep sistem jaringan cellular. Untuk dapat menerapkan sistem jaringan cellular, perlulah dipelajari karakteristik perambatan gelombang radio mobil melewati daerah daerah perambatan yang bermacam jenisnya dan beragam bentuknya. Di dalam tugas akhir 1n1 karakteristik tersebut ditinjau dari segi redaman perambatan gelombang tersebut di bawah pengaruh dua keadaan unik yaitu adanya multipath fading dan shadowing, yang mempengaruhi perambatan gelombang radio dari stasiun pemancar ke stasiun mobil yang bergerak. Kuat medan pada penerima levelnya sangat bergantung sekali pada rambatan propagasi gelombang radio yang dikirimkan dari stasiun pemancar . Oleh karena itu maka diperlukanlah perhitungan yang matang untuk menentukan wilayah pelayanan sistem komunikasi mobil cellular, hal ini dimaksudkan karena banyaknya faktor yang harus diperhitungkan untuk menentukan batas ambang kuat medan minimal yang disyaratkan untuk tercapainya hubungan komunikasi mobil yang memenuhi persyaratan sistem secara global. Teknik untuk pengukuran kuat medan Pada sistem komuriikasi mobil cellular pada dasarnya terdiri dari tiga tahapan yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya, yaitu yang pertama adalah rekonstruksi dataran propagasi berdasarkan tipe daerah dan kondisi dataran tersebut. untuk memudahkan proses kalkulasi kuat medan dari gelombang radio yang melintas pada daerah tersebut adalah perhitungan prediksi awal yang menentukan area cakupan pelayanan dari sistem jaringan cellular dengan menggunakan rekonstruksi yang telah dibuat tersebut dan memperhitungkan adanya redaman, faktor penguatan, dan interferensi yang terjadi pada wilayah pelayanan sistem komunikasi cellular. Ketiga adalah tahapan pengukuran di lapangan yang menentukan secara pasti level kuat dari stasiun pemancar untuk nantinya digunakan sebagai bahan koreksi untuk mewujudkan wilayah pelayanan sistem komunikasi cellular secara pasti, akurat dan bebas hambatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 165 Put s 3558/H/91
Uncontrolled Keywords: Telepon, cellular, propagasi gelombang, multipath fading
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6564 Radio transmitter-receivers
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6564.4.C45 Cell phones
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK9956 Radio. Wireless telephone
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:02
Last Modified: 12 Sep 2019 02:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70718

Actions (login required)

View Item View Item