Perencanaan Dan Pembuatan Alat Pengatur Kecepatan Motor Induksi Rotor Belitan 3 Phase Loop Tertutup Dengan Metode Pengaturan Impedansi Rotor Yang Dioperasikan Melalui IBM PC

Shalahuddin, Yanu (1994) Perencanaan Dan Pembuatan Alat Pengatur Kecepatan Motor Induksi Rotor Belitan 3 Phase Loop Tertutup Dengan Metode Pengaturan Impedansi Rotor Yang Dioperasikan Melalui IBM PC. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
2882201091-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pengaturan kecepatan Motor lnduksi Rotor Belitan secara konve ional banyak dilakukan dengan menggunakan kontaktor-kontaktor mekanis dan rele - rele magnetis. Hal ini menimbulkan banyak kesulitan. Diantaranya perawatan yang mahal dan pengaturan kecepatan yang tidak bisa kontinyu. Tetapi dengan berkembangnya Power Semikonduktor kesulitan-kesulitan dalam pengaturan kecepatan ini dapat teratasi. Dalam buku Tugas Akhir ini dibahas penggl:lnaan power semikonduktor yang berupa rangkaian SCR Pengatur Phase yang dipasang pada rotor. Selain itu ditambahkan juga kontrol otomatis, dimana setting putaran didapatkan dari sebuah PC. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengatur kecepatan lebih dari satu Motor lnduksi Rotor Belitan dengan sebuah PC dari suatu ruang kontrol Untuk maksud diatas diturunkan rangkaian ekuivalen rotor. Dengan adanya rangkaian ekuivalen dan model matematisnya dibuatkan grafik-grafik perubahan torsi, slip, kecepatan terhadap perubahan tegangan rotor. Dari grafik-grafik yang didapatkan akhimya direncanakan dan dibuat dalam bentuk alat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629 83 Sha p-1 1994
Uncontrolled Keywords: Motor lnduksi Rotor Belitan; IBM PC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:27
Last Modified: 11 Sep 2019 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70742

Actions (login required)

View Item View Item