Perencanaan dan pembuatan peralatan perantara komunikasi data antar komputer dengan menggunakan wireless microphone

Arif D., Benediktus (1990) Perencanaan dan pembuatan peralatan perantara komunikasi data antar komputer dengan menggunakan wireless microphone. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2852200394-Undegraduate_Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan dunia telekomunikasi pertukaran data sangat pesat saat ini, mengingat akan besarnya kebutuhan pertukaran informasi yang cepat dari satu tempat ke tempat lain. Dalam tugas akhir ini, dirancang dan dibuat suatu alat pertukaran data antar komputer dengan menggunakan wireless microphone yang bekerja pada frekwensi siaran dengan modulasi FM. Dalam rancangan ini diharapkan, dengan peralatan yang sederhana dan relatif murah, dapat ditampilkan suatu unjuk kerja optimum. Peralatan ini memanfaatkan interface standard komunikasi data seri RS 232 C dari IBM-PC, modem MC 6860 dengan protokol - protokolnya serta wahana transmisi FM konvensional, seperti wireless microphone dan pesawat penerima FM biasa. Protokol data terminal ready (DTR) dan request to send (RTS) dimanfaatkan oleh peralatan ini untuk mematikan dan menghidupkan pemancar dan menggunakan sistem modulasi FSK secara half duplex dengan laju data sebesar 300 baud. Hasil yang dicapai dari pengukuran unjuk kerja peralatan yang dibuat setelah karakter dikirim oleh perangkat pengirim hasilnya dapat diterima oleh perangkat penerima, namun probability of error (Pe) cukup besar sekitar 10 min 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.398 1 Ben p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi data, Komputer, Wireless
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:09
Last Modified: 19 Sep 2019 03:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70834

Actions (login required)

View Item View Item