Banitama, Novandi (2015) Optimalisasi Kode QR Untuk Aplikasi Informasi Kebun Binatang Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5111100080-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Sejalan dengan bertambahnya peranan kebun binatang, pengelola kebun binatang berharap jumlah pengunjung kebun binatang juga ikut meningkat. Akan tetapi, jika kualitas pelayanan kebun binatang tidak ikut ditingkatkan, maka diperkirakan jumlah peningkatan pengunjungnya hanya akan bertambah sedikit atau bahkan berkurang. Penyampaian informasi merupakan salah satu pelayanan yang dapat ditingkatkan. Beberapa kebun binatang yang ada di Indonesia masih menggunakan papan informasi sebagai media penyampaian informasi. Papan informasi itu sendiri memiliki kelemahan, yakni informasi yang diberikan terbatas dengan ukuran papannya. Di beberapa kebun binatang yang ada di luar negeri, penggunaan papan infomasi sudah dikurangi atau bahkan diganti dengan penggunaan teknologi kode QR. Tetapi, penggunaan kode QR tersebut sebatas untuk menampilkan informasi binatang saja. Secara teori, penggunaan kode QR pada kebun binatang dapat juga digunakan untuk tujuan navigasi pengunjung dan tujuan gamifikasi.
Agar penggunaan kode QR pada kebun binatang dapat optimal, dilakukan pembuatan aplikasi perangkat bergerak dengan memanfaatkan teknologi kode QR. Aplikasi ini memiliki
viii
fitur menampilkan informasi binatang, fitur menampilkan peta kebun binatang pada aplikasi, dan fitur gamifikasi. Pengguna aplikasi ini diharuskan memindai kode QR terlebih dahulu.
Dari hasil pengujian, waktu yang dibutuhkan aplikasi untuk memindai kode QR dengan jarak ± 3 meter adalah ±3 detik. Aplikasi berhasil menampilkan informasi binatang, menampilkan peta kebun binatang, dan menerapkan gamifikasi.
======================================================================================================
In line with increasing role of the zoo, zoo manager expects the number of visitor to zoo also increased. However, if the quality of service of the zoo is not improved, the number of visitors increase will only increase slightly or even decreases. Submission of information is one of the services that could be improved. some zoo in Indonesia are still using the information board as a medium to deliver information. The information board itself has weakness, the information provided is limited by the size of the board. In some zoo abroad, the use of the information board has been reduced or even replaced by the use of QR code technology. However, the use of QR codes is limited to display animal information. In theory, the use of QR code at the zoo can also be used for the purpose of visitor navigation and gamification.
In order to the use of QR code at the zoo can be optimized, I made a mobile device application by utilizing QR code technology. This application had feature to display the animal information, feature to display the zoo map, and feature gamification. User of the application should scan QR code in advance.
As the result of testing, time required to scan the QR code with a distance of ± 3 meters was ± 3 seconds. The application
x
successfully displayed the animal information, displayed the zoo map, and applied gamification.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSIf 621.398 4 Ban o |
Uncontrolled Keywords: | Android, Kode QR, Gamifikasi, Navigasi, Kebun Binatang |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming. |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 04:02 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 04:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/70838 |
Actions (login required)
View Item |