Klasifikasi Citra Berdasarkan Parameter Estetika Menggunakan Metode ANFIS

Kurnianto, Arik and Sumpeno, Surya and Hariadi, Mochamad (2010) Klasifikasi Citra Berdasarkan Parameter Estetika Menggunakan Metode ANFIS. Seminar of Intelligent Technology and Its Application (11 th SITIA) ITS.

[img]
Preview
Text
ITS-Master-14716-paperpdf.pdf - Submitted Version

Download (683kB) | Preview

Abstract

Manusia memiliki kecerdasan dan kemampuan untuk menilai dan mengklasifikasi citra berdasarkan persepsi visualnya dalam kategori estetika tertentu. Bagaimana memodelkan kemampuan manusia tersebut ke dalam sistem komputasi menjadi tantangan besar dalam penelitian yang masih tergolong baru ini. Terdapat beberapa parameter standar yang digunakan oleh fotografer profesional untuk mengklasifikasikan citra berdasarkan parameter estetika yaitu; pencahayaan (lighting), kejernihan pada kontras (clarity contras), komposisi (composition), dan simplisitasnya (simplicity). Berdasarkan parameter tersebut, penelitian ini difokuskan pada pengembangan sistem cerdas untuk mengklasifikasikan citra fotografi dengan metode ANFIS (Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System). Sistem yang mengacu pada kesimpulan fuzzy yang memanfaatkan aturan fuzzy if-then ini dapat memodelkan aspek pengetahuan manusia yang kualitatif dan memberi reasoning processes tanpa memanfaatkan analisa kuantitatif yang tepat, sehingga metode ANFIS memungkinkan untuk melakukan klasifikasi citra yang lebih natural. Metode penelitian dimulai dengan melakukan ekstraksi subyek pada citra, dilanjutkan dengan ekstraksi fitur berdasarkan empat parameter estetika untuk mendapatkan data training dan data uji untuk proses training dan testing dengan metode ANFIS. Berdasarkan hasil eksperimen, sistem klasifikasi citra berdasarkan parameter estetika yang berbasis pada sistem inferensi fuzzy dan neural network melalui metode ANFIS memungkinkan untuk dikembangkan lebih jauh. Hasil training ANFIS tahap pertama dengan 100 data training berdasarkan empat parameter estetika didapati error sebesar 0,031235 setelah 2 epoch. Hasil training tahap kedua dengan 200 data training berdasarkan empat parameter estetika didapati error sebesar 0,037421 setelah 2 epoch. Hasil tes untuk menguji validitas hasil training terhadap data training, data testing, dan data cheking memiliki error rate berturut-turut 0,037421, 0,037968, dan 0,0051328. Sedangkan hasil uji empirik didapatkan tingkat akurasi mesin sebesar 75% dan tingkat kesalahannya sebesar 25%.

Item Type: Article
Additional Information: Collection ID : 51105120000038 Call Number : 629.89 Kur k
Uncontrolled Keywords: Estetika, citra, fotografi, logika Fuzzy, ANFIS.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:29
Last Modified: 04 Oct 2019 04:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70878

Actions (login required)

View Item View Item