Perencanaan Peningkatan Jalan Ruas Trenggalek – Batas Pacitan STA. 4+000 – STA. 7+000, Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur, Provinsi Jawa Timur

Rahmansyah, Emil Afi and Irfansyah, Muhammad Fadil (2015) Perencanaan Peningkatan Jalan Ruas Trenggalek – Batas Pacitan STA. 4+000 – STA. 7+000, Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur, Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111030062-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3111030062-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ruas Trenggalek – Pacitan merupakan salah satu jalur
lintas selatan yang menghubungkan kedua daerah tersebut
serta menjadi akses menuju propinsi Jawa Tengah dan DIY.
Ruas ini mempunyai dua lajur dua arah tak terbagi dengan
lebar tiap ruasnya sebesar 3 meter. Panjang keseluruhan ruas
ini ialah sepanjang 37,160 kilometer. Namun seiring waktu
jalan ini mengalami penurunan tingkat pelayanan yang
membuat ketidaknyamannya para pengendara yang melintasi
jalan ini. Dengan kondisi tersebut maka perlu dilakukan
perencaan peningkatan, pelebaran jalan serta merencanakan
drainase baru pada Ruas Trenggalek – Pacitan KM 187+000
s/d KM 191+000 guna mengatasi masalah ini dan mampu
memberi kenyamana serta keamanan bagi pengguna yang
melintasi jalan ini.
Perencanaan jalan ini meliputi perhitungan struktur
perkerasan dengan menggunakan metode Tata Cara
Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan metode
Analisa Komponen. 1987 yang mengacu Standar Nasional
ii
Indonesia; SNI 1732-1989-F, perencanaan tebal lapisan
tambahan (Overlay) dengan Analisis Komponen SNI 1732-
1989, Analisa data Lalu Lintas untuk perencanaan perkerasan
baru sesuai dengan Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan
Lentur (Pt T-01-2002-B), Kapasitas Ruas Jalan Luar Kota
menurut MKJI (1997), Kontrol Geometrik Jalan
menggunakan pedoman Bina Marga yaitu Tata Cara
Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.
038/T/BM/1997, perencaan Drainase menggunakan pedoman
Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan (PU–SNI
03-3424-1994 dan SK SNI T-22-1991-03) dan Rencana
Anggaran Biaya Menggunakan harga dasar bahan dan upah
yang diterbitkan oleh HSPK di Lingkungan DPU Bina Marga
Provinsi Jawa Timur.
Dari hasil perhitungan perencanaan peningkatan ruas
jalan Trenggalek – Batas Pacitan, sesuai dengan Peraturan
Pemerintah No.34 2006 untuk Jalan Kolektor Primer, yakni
dibutuhkan lebar minimum 9m, dikarenakan kondisi lebar
jalan hanya 5m dengan Tipe Jalan 2/2UD, sehingga perlu
diperlebar menjadi 9m dengan Tipe Jalan Tetap 2/2UD. Tebal
perkerasan lentur menggunakan Laston dengan tebal 5 cm
serta overlay 8 cm, pondasi atas batu pecah kelas B 20 cm
beserta pondasi bawah sirtu kelas C 15 cm. Perencanaan
Drainase setelah dilebarkan dengan menggunakan bentuk
persegi dengan material batu kali. Biaya yang dibutuhkan
untuk pembangunan proyek ini adalah Rp.13,308,924.292
(Terbilang Tiga Belas Milyar Tiga Ratus Delapan Juta
Sembilan Ratus Dua Puluh Empat Ribu Dua Ratus Sembilan
Puluh Dua Rupiah).
========================================================================================================
Trenggalek segment - Pacitan is one traffic lane south of the area
that connects the two and giving access to the province of Central
Java and Yogyakarta. This segment has a two-way two-lane
undivided with each ruasnya width of 3 meters. The overall length
of this segment is along the 37.160 kilometers. But over time this
road has decreased the level of service that makes
ketidaknyamannya the rider who crosses the street. Under these
conditions it is necessary to planning improvement, road
widening and new drainage plan at Ruas Terri - Pacitan KM 187
+ 000 s / d KM 191 + 000 in order to overcome this problem and
able to provide comforts and safety for users across the street.
This path planning includes the calculation of the pavement
structure using Planning Procedures Highway Pavement
Thickness Component Analysis method. 1987 refers to the
Indonesian National Standard; ISO 1732-1989-F, an additional
layer thickness planning (Overlay) with ISO 1732- 1989
Component Analysis, Traffic Analysis of data for planning new
pavement in accordance with the Planning Guidelines Flexible
Pavement Thickness (Pt T-01-2002-B), Capacity Ruas Outer City
street by MKJI (1997), Geometric Control Path using the
guidelines of Highways namely Planning Procedures Geometric
ii
Inter-City Road No. 038 / T / BM / 1997, planning to use the
guidelines Drainage Planning Procedure Road Surface Drainage
(PU-SNI 03-3424-1994 and SK SNI T-22-1991-03) and the
Budget Plan Using the basic price of materials and wages
published by HSPK The DPU Environment Highways East Java
Province.
From the calculation of road improvement planning Terri - Limit
Pacitan, in accordance with Government Regulation No.34 of 2006 for
Primary Collector Road, which required a minimum width of 9m, due to
the condition of the road is only 5m wide with Type 2 Way / 2UD, so it
needs to be widened to 9m with Fixed Path Type 2 / 2UD. Laston thick
flexible pavement using thick 5 cm and 8 cm overlay, crushed stone
foundation on class B 20 cm along gravel subbase class C 15 cm.
Drainage planning after widened by using a square shape with stone
material. Costs required for the construction of this project is
Rp.13,308,924.292 (Somewhat Thirteen Billion Three Hundred Eight
Million Nine Hundred Twenty-Four Thousand Two Hundred Ninety Two
Rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Rah p
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Jalan, Perkerasan Lentur, Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Oct 2019 08:32
Last Modified: 02 Oct 2019 08:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70960

Actions (login required)

View Item View Item